Fadly Idris (Ketua DPP IMORI), Foto: spr

JAKARTA (SUARABARU.ID)– Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Ikatan Mahasiswa Olah Raga Indonesia (DPP IMORI), Fadly Idris, menyampaikan apresiasinya atas keputusan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri), yang memberikan izin keramaian untuk pelaksanaan Turnamen Pramusim Sepak Bola Nasional Piala Menpora 2021, yang rencananya bergulir 20 Maret-25 April.

Keputusan yang diambil pada Kamis (18/2/2021) itu, merupakan tindakan tepat yang ditunggu pecinta sepak bola Indonesia, yang haus akan hiburan selama pandemi covid-19.

”Kapolri mengambil langkah tepat. Masyarakat sudah menanti even olah raga yang menjadi hiburan di tengah situasi negeri saat ini. Semoga semua elemen yang terlibat, dapat menjaga protokol kesehatan dengan sebaik-baiknya,” ujar Fadly yang dihubungi dari Semarang, Jumat (19/2/2021).

BACA JUGA: Candra Saputra, Terpilih secara Aklamasi Jabat Ketua Askab PSSI Kabupaten Pekalongan

Dia menambahkan, semua pihak harus bisa menyukseskan turnamen pramusim ini, agar kelanjutan sepak bola Indonesia bisa berjalan lancar dan menjadi babak baru dalam menciptakan prestasi untuk Timnas Indonesia.

”Jika turnamen berjalan baik, even selanjutnya pun akan lebih mudah dalam penyelenggaraannya. Klub, pemain, suporter dan penyelenggara pertandingan semoga memberikan kerja terbaiknya,” terang Fadly, yang juga merupakan Penerima Beasiswa Berprestasi S2 UNJ Kemenpora RI ini.

Menurutnya, kompetisi sepakbola di negara lain bisa melakukan tanpa hambatan, kenapa di Indonesia tidak? ”Semoga ini menjadi babak baru untuk meningkatkan prestasi sepak bola Indonesia,” imbuh dia.

BACA JUGA: Rotary Club Kebumen Segera Dibentuk, Misinya di Bidang Sosial

Sementara itu, Menpora RI, Zainudin Amali menyatakan, pihaknya dari awal yakin Polri dapat merumuskan yang terbaik, terkait pelaksanaan turnamen pramusim.

Senada dengan Kapolri, Zainudin pun meminta semua pihak untuk mematuhi dan menjalankan protokol kesehatan dengan baik, selama kompetisi. Hal itu juga menjadi permintaan Presiden RI Joko Widodo, yang disampaikan langsung kepada dirinya.

”Presiden menitipkan pesan, supaya protokol kesehatan itu benar-benar dijaga. Presiden bilang, jangan sampai mengorbankan masyarakat. Dan saya sampaikan, kami juga berkomitmen untuk menjaga itu,” kata Menpora.

BACA JUGA: Pintu yang Selalu Terbuka, karena di Desa Memang Begitu

Turnamen Pramusim Piala Menpora 2021, akan diikuti 20 tim, yang terdiri dari 18 klub Liga 1 dan dua tim dari Liga 2.
Kompetisi akan melalui babak penyisihan grup. Penyelenggara menetapkan ada empat grup, di mana satu grup diisi lima tim.

Setiap grup nantinya menjalankan semua pertandingan di wilayah yang sudah ditetapkan. Ada empat daerah yang menjadi tuan rumah penyisihan grup, yaitu Solo, Bandung, Sleman dan Malang.

Sementara itu, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menegaskan, turnamen pramusim ini menjadi indikator untuk penerbitan izin Liga 1 dan Liga 2 musim 2021. Pria asal Maluku itu menyebut, pihaknya tidak segan untuk membatalkan keputusan ini, andai turnamen pramusim tidak dapat berjalan sesuai rencana.

BACA JUGA: Covid-19 Kabupaten Magelang, Suspek Dirawat 71 Orang

”Kalau turnamen pramusim dapat berjalan dengan baik, dan penegakan aturan terkait protokol kesehatan berjalan dengan baik, maka kami akan memberikan kelonggaran untuk turnamen selanjutnya. Namun kalau tidak, tentu kami akan melakukan evaluasi,” tutur Listyo.

Kapolri pun berharap, turnamen pramusim yang akan disebut sebagai Piala Menpora 2021, bisa menjadi hiburan bagi masyarakat. Kabareskrim Polri 2019-2021 itu juga memiliki harapan pada PSSI maupun Kemenpora, untuk dapat menemukan pemain-pemain terbaik dari turnamen pramusim ini.

Diharapkan pula, dapat mewakili Indonesia di berbagai kompetisi internasional, termasuk SEA Games 2021 dan Piala Dunia U-20 2023.

Sigit PR-Riyan