Para personel Bhabinkamtibmas saat mengikuti gelar apel yang diadakan di Halaman Mapolres Grobogan, Kamis (11/2/2021). Foto : hana eswe.

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Sebanyak 280 personel Bhabinkamtibmas yang bertugas di lingkungan Polres Grobogan diharapkan siap sebagai tracer dan vaksinator Covid-19 di desa binaannya masing-masing.

Hal itu diungkapkan Wakapolres Grobogan Kompol Samsu Wirman dalam apel kesiapan Bhabinkamtibmas dan Tenaga Kesehatan sebagai Tracer dan Vaksinasi Covid-19, Kamis (11/2/2021).

Dalam kesempatan itu, Kompol Samsu Wirman yang membacakan amanat Kapolda Jawa Tengah mengungkapkan, Bhabinkamtibmas dan tenaga kesehatan adalah lini terdepan dalam pencegahan penularan Covid-19, terkait Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

“Apel kesiapan ini menunjukan keseriusan Polres Grobogan dengan menggelar Bhabinkamtibmas sebagai ujung tombak atau tracer dan tenaga kesehatan sebagai vaksinator dan dalam penerapan kepatuhan protokol kesehatan masyarakat,” kata Kompol Samsu Wirman.

Pihaknya juga menegaskan kepada para personel Bhabinkamtibmas agar memahami wilayah masing-masing terkait jumlah masyarakat yang terkonfirmasi positif covid-19. Hal itu bisa dilaksanakan bekerja sama dengan Babinsa terkait pelaksanaan tracing.

“Polres Grobogan mempunyai 280 Bhabinkamtibmas, sehingga tidak ada alasan adanya wilayah yang belum tersentuh oleh Bhabinkamtibmas,” tegas Kompol Samsu.

Dirinya juga menambahkan, Bhabinkamtibmas nantinya juga akan divaksin dan diharapkan tetap mematuhi protokol kesehatan. Dengan demikian, para Bhabinkamtibmas diharapkan tidak ada yang terpapar covid-19 karena melaksanakan tugas.

“Jadi nanti kita harus siap apabila dibutuhkan sebagai tracer dan vaksinator Covid-19, terutama kepada rekan-rekan bhabinkamtibmas yang berada di pelosok dan diharapkan akan mampu menjadi ujung tombak Polri sebagai tracer pada pelaksanaan vaksinasi covid-19 kepada masyarakat,” tutup Kompol Samsu.

Hana Eswe-wied