Salah seorang anggota PKK Kendal sedang di rapid test antigen oleh petugas kesehatan dari Dinkes Kabupaten Kendal.(FOTO:SB/Sp)

KENDAL(SUARABARU.ID)- Tim Penggerak PKK Kabupaten Kendal mengadakan rapid test antigen gratis di Aula Gedung Wanita Pemerintah Kabupaten Kendal, Senin (21/12/2020).

Rapid test antigen ini diperuntukkan bagi pengurus PKK Kabupaten Kendal, Dharma Wanita dan Gabungan Organisasi Wanita yang ada di Kabupaten Kendal.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kendal, Anjani Dewi Moh Toha, mengatakan, pada peringatan Hari Ibu tahun 2020 ini, Tim Penggerak PKK Kabupaten Kendal hanya mengadakan kegiatan rapid test antigen dengan peserta terbatas yaitu 100 orang.

“Mengingat masih dalam kondisi pandemi Covid-19, maka Tim Penggerak PKK tidak mengadakan kegiatan besar yang berpotensi menjadikan kerumunan massa, dan menyebabkan terjadinya penyebaran Covid-19,” kata Anjani.

Menurut Anjani, untuk kegiatan ini, pihaknya mengacu kepada instruksi pusat, yakni menyesuaikan dengan kondisi pandemi Covid-19 saat ini yang masih belum juga selesai.

“Diadakannya rapid test antigen ini, untuk membantu bagi yang belum pernah melakukan rapid test antigen. Terutama bagi yang tidak memiliki biaya, jika melakukan rapid test antigen sendiri,” ujarnya.

Padahal, lanjut Anjani, rapid test antigen ini sangat penting, untuk memastikan seseorang terbebas dari virus korona atau tidak.

Anjani menambahkan, kegiatan rapid test antigen ini bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Kendal.

Bagi yang hasilnya positif terkonfirmasi virus korona, tindakan selanjutnya, akan diserahkan kepada pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Kendal yang menangani.

“Memang rapid test antigen ini kami peruntukan bagi 100 orang peserta. Namun ternyata yang hadir dan menjalani rapid test hanya 29 orang, dan Alchamdulillah hasilnya negatif semua,”papar Anjani.Sp-mm