Bupati Magelang, Zaenal Arifin didampingi Bunda Paud, Christanti Handayani menerima mobil pntar dari PAUD Institue. Eko Priyono
MAGELANG (SUARABARU.ID) – PAUD Intitute memberikan pinjam pakai mobil pintar kepada PAUD yang ada di Kabupaten Magelang. Fasilitas Mobil Pintar itu diterima Bupati Zaenal Arifin yang didampingi Bunda Paud Kabupaten Magelang, Christanti Handayani di Rumah Dinas Bupati Magelang, Kamis (17/12/2020).
Bupati Magelang, Zaenal Arifin sangat mengapresiasi atas bantuan yang telah diberikan oleh PAUD Institute, baik secara fasilitas maupun support dalam setiap kegiatan PAUD. Menurutnya, PAUD sangat memiliki peran penting bagi generasi-emas di masa yang akan datang.
“Pendidikan karakter, akhlak, sampai pendidikan secara rohani harus diberikan kepada anak sejak usia dini. Literasi dan membangun budaya sejak usia dini harus ditanamkan dengan baik kepada generasi penerus bangsa,” tutur, Zaenal.
Dia menambahkan, untuk menumbuhkan budaya literasi, Pemerintah Kabupaten Magelang juga telah berupaya maksimal dengan membangun Perpustakaan Daerah di Muntilan dengan fasilitas sarana dan prasarana yang sudah diakui di tingkat nasional.
“Gedung perpustakaan bahkan lebih megah dari gedung Dinas Pendidikan . Bahkan Perpusda juga sudah mendapatkan penghargaan tertinggi dari Perpusnas RI. Selain itu perpustakaan kami di desa-desa juga sudah mendapatkan penghargaan dari Perpusnas RI beberapa waktu lalu,”  kata Zaenal.
Direktur PAUD Institute, Dhanang Sasongko mengatakan, mobil pintar tersebut jumlahnya total ada 18 unit yang tersebar di seluruh Indonesia. Di antaranya di Sabang satu unit dan di Merauke satu unit. Sementara di wilayah Jawa Tengah diberikan kepada Kabupaten Magelang.
Dengan tujuan untuk mendukung gerakan literasi dan membangun budaya sejak usia dini.
Dhanang menilai, kepadatan dan keaktifan PAUD di Kabupaten Magelang patut untuk diapresiasi, bahkan juga sangat aktif di berbagai kegiatan tingkat nasional.
Pada kesempatan yang sama, ia juga menyampaikan bahwa dalam waktu dekat pihaknya akan mengadakan seminar nasional PAUD yang mengangkat tema tentang adaptasi kebiasaan baru dalam proses pembelajaran PAUD.
“Tentu ini akan sangat dibutuhkan bagi guru-guru PAUD dan orang tua dengan kondisi pandemi seperti sekarang ini. Untuk temanya tentang menumbuhkan akhlak dan karakter,” kata, Dhanang.
Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang, Ahmad Husein menyampaikan bahwa, bantuan mobil pintar tersebut merupakan sarana yang bisa dimanfaatkan seluruh lembaga PAUD di Kabupaten Magelang secara bergantian.
“Tadi kami sempat melihat kondisi mobil serta isinya, ternyata  juga bisa digunakan oleh siswa SD dan SMP karena isinya menyeluruh tidak hanya untuk anak PAUD saja. Selain itu juga akan dilakukan pembahasan kerja sama dengan PAUD Institute terkait untuk membuat pojok literasi di 10 titik di Kabupaten Magelang,” ungkap Husein.
Eko Priyono