Untuk mendukung ketahanan pangan di masa pandemi Covid-19, Kapolres Temanggung AKBP Muhammad Ali didampingi Dandim) 0706/ Temanggung, Letkol Czi Kurniawan, Ketua DPRD, Yunianto dan Sekda Hary Agung Prabowo melakukan panen raya padi di Desa Soropadan, Kecamatan Pringsurat, Kabupaten Temanggun. Foto: Suarabaru.Id/ Yon

TEMANGGUNG(SUARABARU.ID)– Sebagai upaya untuk menjaga ketahanan pangan di wilayah Kabupaten Temanggung, Polres Temanggung, Kodim 0706/Temanggung dan pemerintah daerah setempat melaksanakan panen raya padi.

“Kegiatan ini ditujukan untuk menjaga ketahanan pangan dan percepatan ekonomi sehingga terbentuk pagar hidup dalam rangka menghadapi Covid-19,” kata Kapolres Temanggung, AKBP Muhammad Ali usai panen raya padi di lahan persawahan seluas 130 hektare di Dusun Digelan, Desa Soropadan, Kecamatan Pringsurat, Kabupaten Temanggung, Selasa 9 18/8).

Muhammad Ali mengatakan, saat ini di wilayah Kabupaten Temanggung masih banyak terdapat lahan persawahan yang ditanami padi, sehingga ketahanan pangan masih mencukupi.

Ia menambahkan, dengan adanya panen raya padi tersebut selain memperkuat ketahanan pangan , juga menekan adanya dampak Covid-19, karena ketersediaan pangan terutama beras dapat tercukupi.

Muhammad Ali berharap luasan lahan sawah di Desa Soropadan yang mencapai 130 hektare tersebut, bisa berkontribusi dalam mendukung ketahanan pangan di Jawa Tengah maupun tingkat nasional.

“Pemerintah, Kodim, Polres dan DPRD mendukung agar para petani tetap menanam padi di sawah, sehingga ketahanan pangan tetap terjaga,” katanya.
Sementara itu, Komandan Kodim (Dandim) 0706/ Temanggung, Letkol Czi Kurniawan Hartanto menambahkan, pihaknya akan terus memberikan dukungan kepada para petani agar terus menanam padi di lahannya.

Selain itu, ia menghimbau agar lahan sawah yang selama ini ditanami padi untuk tidak dialih fungsikan untuk perumahan atau pabrik.
Untuk itu, ia engajak para petani untuk selalu giat dan semangat menanam padi yang merupakan tananam pangan paling utama.

“Karena beras merupakan bahan pokok utama yang dikonsumsi masyarakat kita. Untuk itu, dengan adanya lumbung pangan dan tersedianya bahan pokok yang mencukupi saya yakin akan memberikan kehidupan yang layak dan menjadikan masyarakat sejahtera,” katanya.

Yon