JEPARA (SUARABARU.ID) – PLN Unit Induk Pembangkitan (UIK) Tanjung Jati B sukses menjaga keandalan operasional dan kontinuitas pasokan listrik selama periode Siaga Ramadan dan Hari Raya Idulfitri 1446 H / 2025 M, sebagai bagian dari sistem kelistrikan nasional khususnya untuk wilayah Jawa, Madura, dan Bali (Jamali).
Keberhasilan ini tidak lepas dari implementasi langkah-langkah siaga yang dilakukan secara menyeluruh, sesuai arahan Direktur Manajemen Pembangkitan (DIRMKIT) PLN dan juga ditambah dengan pelaksanaan Management Walkdown Inspection, Apel Siaga Keamanan, serta partisipasi aktif dalam Arahan Siaga BOD PLN yang dilaksanakan secara virtual pada 24 Maret 2025 lalu.

General Manager PLN UIK Tanjung Jati B, Dony Ocniza, menyampaikan bahwa keberhasilan menjaga keandalan listrik selama Ramadan dan Idulfitri merupakan hasil dari kolaborasi yang kuat antara seluruh unsur operasional, mulai dari pengelolaan pembangkit, keamanan pasokan bahan bakar, hingga pengendalian sistem yang responsif.
“Kami menyadari bahwa listrik menjadi kebutuhan utama masyarakat selama bulan suci dan perayaan hari besar. Oleh karena itu, kami mengoptimalkan seluruh aspek operasional, termasuk pengamanan stok batu bara dan pemantauan real-time sistem pembangkit. Hasilnya, seluruh unit pembangkit dapat beroperasi dengan andal dan stabil sepanjang periode siaga,” ungkap Dony.
PLTU Tanjung Jati B sendiri menyumbang total daya mampu pasok sebesar 2.640 MW dari empat unit pembangkitnya. Selama periode siaga, unit pembangkit tidak mengalami gangguan signifikan, dan stok batu bara terjaga dalam kondisi aman untuk mendukung keberlangsungan operasional.
Langkah-langkah pengamanan yang dijalankan juga melibatkan sinergi intens lintas entitas dalam ekosistem Tanjung Jati B, yakni PT Central Java Power (CJP) serta operator-operator pembangkit seperti PT TJBPS, PT KPJB, PT BAG, PT AGP, dan PT NPS.
Dony menambahkan bahwa PLN UIK Tanjung Jati B akan terus memperkuat budaya kerja siaga dan kolaboratif sebagai bagian dari strategi ketenagalistrikan nasional.

“Ke depan, kami akan terus menjaga kesiapan ini dalam menghadapi momentum-momentum penting lainnya, demi memastikan masyarakat mendapatkan pelayanan listrik terbaik dari PLN,” tutupnya.
Dengan capaian ini, PLN UIK Tanjung Jati B menegaskan perannya sebagai bagian dari BUMN yang senantiasa hadir dan andal dalam mendukung kebutuhan masyarakat, khususnya selama momen sakral seperti Ramadan dan Idulfitri.
Hadepe