Direktur Pengelolaan Sarana KAI, John Roberto bersama Kadaop 4 Semarang, Daniel Johannes Hutabarat memberikan bingkisan kepada penumpang KA dalam rangkaian Apel Gelar Pasukan Posko Angkutan Lebaran 2025. Foto: Ning S (SUARABARU.ID)

Salah satunya KAI telah melaksanakan pemeriksaan lintas baik oleh Direksi dan Komisaris KAI, serta oleh Manajemen Daop 4 Semarang, dimana pada kegiatan dilakukan pemeriksaan tempat kerja dan seluruh lintas operasional kereta api untuk mengidentifikasi potensi bahaya dan memastikan SOP serta protokol kesehatan pada setiap unit kerja dipenuhi.

Selain itu, KAI bersama dengan Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan juga telah melaksanakan Rampcheck SPM (Standar Pelayanan Minimum) Angkutan Lebaran 2025 dengan memeriksa 8 stasiun pelayanan penumpang dan 12 kereta api penumpang di wilayah Daop 4 Semarang.

Selanjutnya juga telah dilaksanakan Pengawasan Inspeksi Keselamatan oleh DJKA Kemenhub dengan melaksanakan site visit dengan ruang lingkup pemeriksaan meliputi aspek prasarana, fasilitas operasi dan telekomunikasi di wilayah Daop 4 Semarang.

Daop 4 Semarang juga telah melakukan kerjasama dengan BMKG Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang dalam memprakirakan cuaca yang bertujuan untuk mempersiapkan jika terjadi cuaca ekstrim yang akan terjadi di sepanjang lintas operasional kereta api di wilayah Daop 4 Semarang.

Dalam upaya mensukseskan penyelenggaraan Angkutan Lebaran 2025 ini, KAI berkolaborasi dengan berbagai pihak meliputi Kementerian Perhubungan, Kementerian BUMN, Pemerintah Daerah, TNI, Polri, Basarnas, anggota komunitas pecinta kereta api, serta pihak-pihak lainnya.

“Kami mengharapkan dukungan dari semua pihak untuk turut menyukseskan Angkutan Lebaran Tahun 2025. Dengan bantuan dari beberapa pihak tersebut kami harap angkutan Lebaran tahun ini dapat terselenggara dengan tenang dan menyenangkan,” ujar John Roberto.

Untuk menghadirkan pengalaman mudik yang lebih menyenangkan, KAI Daop 4 Semarang menyediakan berbagai program khusus, seperti dekorasi tematik Lebaran di stasiun-stasiun utama, termasuk Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng, Semarang Poncol, Tegal, Pekalongan, dan Cepu.

Selain itu pelayanan ekstra dari Customer Service Mobile (CSM) dan anggota komunitas Railfans untuk membantu pelanggan, takjil gratis, doorprize Lebaran, serta snack khusus untuk anak-anak di stasiun dan dalam perjalanan, serta peningkatan kebersihan dan kenyamanan di area stasiun, ruang tunggu, toilet, dan dalam kereta.