SEMARANG (SUARABARU.ID) – PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 4 Semarang mencatat pelayanan penumpang selama bulan Januari 2025.
Sebanyak 1.021.053 penumpang terlayani di berbagai stasiun wilayah Daop 4 Semarang, meningkat 10% dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya pada Januari 2024 yang mencatat 915.465 penumpang. Jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya yakni pada Desember 2024, terjadi kenaikan 1,6% dari 1.005.184 penumpang.
Dari total tersebut, jumlah penumpang yang berangkat sebanyak 510.297 penumpang, sementara penumpang yang datang atau tiba mencapai 510.756 penumpang. Puncak keberangkatan penumpang pada periode Januari 2025 terjadi pada Sabtu, 4 Januari 2025 dengan jumlah 27.531 penumpang, dimana pada tanggal ini merupakan puncak arus balik saat momen Angkutan Natal dan Tahun Baru 2025.
Sementara itu, puncak kedatangan penumpang tertinggi terjadi pada Sabtu, 25 Januari 2025, dengan jumlah 25.162 penumpang, dimana tanggal tersebut merupakan awal long weekend Libur Isra Mi’raj dan Tahun Baru Imlek Tahun 2025.
Untuk stasiun di wilayah Daop 4 Semarang dengan jumlah keberangkatan penumpang tertinggi pada periode Januari 2025 terjadi di Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng dengan jumlah 145.009 penumpang, diikuti Stasiun Semarang Poncol 130.411 penumpang, Stasiun Tegal 78.228 penumpang, Stasiun Pekalongan 54.271 penumpang, Stasiun Pemalang 25.680 penumpang, Stasiun Cepu 19.661 penumpang, Stasiun Ngrombo 17.111 penumpang dan Stasiun Weleri sebanyak 6.220 penumpang.
Sedangkan untuk kedatangan penumpang, Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng juga masih yang tertinggi dengan 149.557 penumpang, diikuti Stasiun Semarang Poncol 135.930 penumpang, Stasiun Tegal 76.264 penumpang, Stasiun Pekalongan 52.278 penumpang, Stasiun Pemalang 23.332 penumpang, Stasiun Cepu 19.477 penumpang, Stasiun Ngrombo 16.526 penumpang, serta Stasiun Weleri sebanyak 15.145 penumpang.
Manager Humas KAI Daop 4 Semarang, Franoto Wibowo menyampaikan apresiasi kepada seluruh pelanggan yang telah mempercayakan perjalanan mereka kepada kereta api. “Kami sangat berterima kasih atas kepercayaan pelanggan dalam menggunakan layanan kereta api. Peningkatan jumlah penumpang ini merupakan motivasi bagi kami untuk terus meningkatkan kualitas layanan, baik dari sisi sarana kereta, fasilitas di stasiun, maupun pelayanan secara keseluruhan,” ujarnya, Senin (10/2/2025).
Dengan pertumbuhan jumlah penumpang yang terus menunjukkan tren positif, KAI berkomitmen dapat memberikan kontribusi lebih dalam mendukung mobilitas masyarakat dan pembangunan daerah melalui layanan transportasi yang andal dan berkelanjutan.
Peningkatan jumlah pengguna kereta api juga memberikan dampak positif bagi sektor pariwisata dan ekonomi daerah. Dengan semakin mudahnya akses transportasi, destinasi wisata di berbagai kota yang dilalui jalur kereta api semakin berkembang, menarik lebih banyak wisatawan domestik maupun mancanegara, sekaligus turut mendorong pertumbuhan ekonomi lokal di sekitar wilayah stasiun.
“KAI Daop 4 Semarang akan terus berinovasi dalam menghadirkan layanan terbaik bagi pelanggan, baik melalui pengembangan infrastruktur, peningkatan kenyamanan, maupun pelayanan yang lebih ramah dan efisien,” kata Franoto.
Ning S