SEMARANG (SUARABARU.ID)– Bidang Kemahasiswaan Universitas Semarang (USM), pada Kamis (9/1/2025), melakukan sosialisasi alur birokrasi untuk Organisasi Kemahasiswaan (Orma), yang digelar di Ruang Sidang Modern, Menara USM Lantai 9.
Kegiatan ini dihadiri 61 Orma, yang terdiri dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Dewan Mahasiswa (Dema), Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ), dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Sosialisasi ini dibuka Wakil Rektor III USM, Dr Muhammad Junaidi SHI MH.
Dalam sambutannya, Junaidi menyampaikan pentingnya pemahaman yang jelas mengenai prosedur birokrasi, kepada seluruh ketua dan anggota Orma di USM. Menurut dia, sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan penjelasan yang lebih terstruktur, tentang alur birokrasi yang harus diikuti dalam menjalankan tugas organisasi.
BACA JUGA: 132 Mahasiswa KKN USM Diterjunkan di Tujuh Kelurahan
”Selama ini, saya lihat masih banyak yang bingung terkait dengan alur birokrasi. Maka dari itu, pada kesempatan ini kami adakan sosialisasi sekaligus praktik cara membuat surat dan dokumen lainnya, agar lebih jelas dan terukur,” ungkap Junaidi.
Narasumber pada sosialisasi ini, Sudarmono, memberikan materi mengenai alur birokrasi surat menyurat yang tepat dan efektif. Dia menjelaskan pentingnya pemahaman alur birokrasi, terutama di masa peralihan kepengurusan organisasi.
”Ini adalah masa-masa peralihan dari pengurus Orma lama ke pengurus baru. Maka sangat penting untuk menyampaikan alur birokrasi yang akan dijalankan ketua maupun pengurus Orma yang baru. Alur birokrasi yang saya sampaikan mencakup alur birokrasi dana Musyawarah Kerja (Musker), dana insidental, dana pengembangan mahasiswa, dan surat menyurat terkait peminjaman fasilitas,” jelas Sudarmono.
Sosialisasi ini juga bertujuan untuk memastikan semua Orma di USM bisa memahami dan dapat mengimplementasikan prosedur birokrasi dengan benar, guna mendukung kelancaran administrasi dan kegiatan organisasi mahasiswa di kampus.
Riyan