blank
Tim dari Museum RA Kartini bersama siswa sekolah yang dikunjungi. Foto: DR

JEPARA (SUARABARU.ID) – Museum R.A Kartini kembali melaksanakan program Museum Goes To School atau Museum Masuk Sekolah.  Kali ini, hebatnya  mereka menyasar wilayah pesisir atau kampung nelayan.

Tidak hanya di Jepara yang berada di wilayah main land atau Pulau Jawa, tetapi sampai menyeberang ke kawasan Kepulauan Karimunjawa.

Di Kepulauan Karimunjawa, yang dikunjungi juga pulau yang ada di luar pulau utama Karimunjawa, tetapi ke Pulau Parang dan Pulau Nyamuk.

Yang kali ini, tim Museum RA Kartini mendatangi SMP Islam Al Azhar Desa Kedungmalang, Kecamatan Kedung. Ratusan siswa begitu antusias menyambut rombongan dari Museum R.A Kartini.

Menurut Sub koordinator Sejarah dan Kepurbakalaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Lia Supardianik , program museum masuk sekolah ini untuk mengenalkan keberadaan museum kepada masyarakat. Karena Museum Kartini menjadi salah satu pusat belajar sejarah Indonesia yang ada di Jepara.

blank
Sub koordinator Sejarah dan Kepurbakalaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Lia Supardianik. Foto : DA

“Kemarin kami ke Kedungmalang menyapa siswa pinggiran untuk memperkenalkan Museum Kartini kepada anak-anak di Jepara,” ungkap Lia, Minggu (27/1012/2024).

Saat dilakukan  sesi tanya jawab, ternyata dari para siswa masih banyak yang belum pernah datang secara langsung ke Museum Kartini. Untuk melihat lebih dekat koleksi R.A Kartini.

“Siapa yang sudah pernah ke Alun-Alun Jepara?” tanya Lia.

Kemudian dijawab serentak oleh anak-anak, “Sudah sering Bu. Bareng orang tua.”

Bahkan ada yang menjawab sudah beberapa kali ke Alun-Alun Jepara. Hampir separuh siswa menjawab sudah pernah ke sana.

Namun saat ditanya, siapa yang sudah pernah ke Museum?  ternyatasebagian besar siswa belum pernah datang ke sana. Selanjutnya Lia berharap siswa ini bisa datang langsung ke Museum Kartini.

“Jika belum pernah. Nanti bisa menabung dan diagendakan bareng-bareng ke Museum Kartini,” kata dia.

Kegiatan Museum Kartini bukan kali pertama bagi Museum Kartini. Sebelumnya juga menyasar Pulau Parang dan Pulau Nyamuk, yang ada di Kepulauan Karimunjawa.