blank
Modus penipuan dengan cara mengedit bukti transfer, nyaris terjadi di Agen BRILink. Foto: dok/brilink

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Belum lama ini kembali terjadi sebuah modus penipuan di dunia perbankan. Meski tidak menimbulkan kerugian, tetapi contoh penipuan melalui bukti transfer ini patut diwaspadai.

Dikabarkan, modus penipuan itu berhasil digagalkan karyawan BRILink, berkat kecermatannya dalam menjalankan Standar Operasional Prosedur (SOP). Saat itu, penipuan dilakukan pelaku dengan memberikan bukti screenshot palsu, yang berisi editan proses transfer yang berhasil dilakukan. Pelaku kemudian mengeluhkan kepada bank terkait, dan mengaku tidak mendapatkan uang meski proses transfer telah dilakukan.

Dalam sebuah postingan yang viral di laman media sosial X, terlihat seorang pelaku yang sempat mengedit bukti transfer, saat hendak melakukan proses transaksi di sebuah Agen BRILink.

BACA JUGA: KAI Daop 4 Semarang Buka Akses Layanan Kesehatan “Klinik Mediska” untuk Pegawai dan Masyarakat

Dalam postingan yang diunggah akun @bacottetangga__, aksi penipuan itu telah ditonton sebanyak satu juta kali, di laman media sosial X. Mulanya, sang pelaku meminta layanan tarik tunai senilai Rp 3 juta, kepada seorang karyawan Agen BRILink.

”Kak, mau tarik tunai tiga juta (rupiah),” ujar sang pelaku sambil fokus menatap layar ponselnya.

”Boleh,” jawab sang karyawan di sebuah Agen BRILink.

BACA JUGA: SCU Terus Perkuat Nilai-nilai Warisan Kebangsaan Mgr Albertus Soegijapranata

Kemudian, pelaku modus penipuan itu mengungkapkan, akan mengirim secara langsung melalui transaksi online. ”Ditransfer langsung (transaksi online) aja ya,” kata si pelaku memastikan keinginannya kepada sang karyawan.

”Oke,” kata karyawan Agen BRILink itu menjawab pernyataan si pelaku.

Kemudian, pelaku menunjukkan bukti transaksi online, (yang tertangkap kamera CCTV toko Agen BRILink itu, telah diedit sedemikian rupa). ”Sudah kak, ini buktinya,” sebut sang pelaku, sambil menunjukkan isi ponselnya.

BACA JUGA: UPT Pengembangan Bahasa UNISNU Jepara Gelar Lomba Menyanyi Bahasa Asing dan Duta Bahasa

Dengan cermat, karyawan Agen BRILink itu menegaskan kepada si pelaku, tidak adanya mutasi masuk. ”Nggak ada mutasi masuk,” terang sang karyawan Agen BRILink itu.

”Ya sudah, saya pergi dulu ke kantor bank, mau komplain (mengadukan masalah),” jawab si pelaku, sambil bergegas pergi.

Menyikapi aksi penipuan itu, ada warganet yang menyoroti aksi si pelaku yang mendadak menjadi editor andal.

BACA JUGA: Perempuan Asal Grobogan Tewas Ditikam di Tempat Kos, Tersangka Ditangkap  di Banyumanik

”Seketika menjadi editor handal,” ujar seorang warganet dengan akun @jejeayy.

”Editor handal, lho, Anda (pelaku) bung,” sebut warganet lainnya melalui akun @jankerzone.

Terdapat juga warganet yang menghimbau, agar lebih berhati-hati terhadap modus penipuan seperti itu. ”Harus semakin berhati-hati sih, seram bisa disalahgunakan lebih parah,” tutur warganet melalui akun @leolanya.

Riyan