blank
Musta'in Ahmad saat membacakan Resolusi Jihad di peringatan Hari Santri Tingkat Jateng, yang dipusatkan di Lapangan Kridosono, Blora. Foto: dok/kemenag

BLORA (SUARABARU.ID)– Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana, membacakan amanat Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas, pada apel peringatan Hari Santri ke-10 tahun 2024, Tingkat Provinsi Jateng, di Lapangan Kridosono, Kabupaten Blora, Selasa (22/10/2024).

Hari Santri kali ini mengusung tema ‘Menyambung Juang Merengkuh Masa Depan’. Tema itu menjadi sebuah penegasan, bahwa santri masa kini memiliki tugas untuk meneruskan perjuangan para pendahulu, yang telah berjuang tanpa kenal lelah demi kemerdekaan dan keutuhan bangsa.

”Masa depan Indonesia ada di pundak kalian. Maka saya berharap, Hari Santri tahun 2024 ini, juga menjadi momentum untuk memperkuat komitmen kita semua, khususnya para santri dalam merengkuh masa depan dan mewujudkan cita-cita bangsa,” tegasnya.

BACA JUGA: Besok, Upacara Wisuda Periode IV Tahun 2024 UKSW Digelar

Sementara itu, bertugas sebagai pembaca Resolusi Jihad, Kakanwil Kemenag Jateng, Musta’in Ahmad, dengan lantang menyuarakan semangat berjihad untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Sebagaimana dalam fatwa Resolusi Jihad yang dipimpin KH Hasyim Asy’ari pada 22 Oktober 1945, yang menjadi cikal bakal lahirnya Hari Santri.

”Semangat Hari Santri harus dibangun dengan konteks saat ini. Menyambung juang bukan hanya berarti mengenang, tetapi juga beraksi dengan semangat yang sama, dalam menghadapi tantangan masa kini. Utamanya dalam memerangi kebodohan dan kemiskinan,” tutur dia.

Apel ditutup dengan penyerahan bantuan, yang dilakukan Kakanwil secara simbolis. Bantuan diserahkan pada perwakilan penerima bantuan insentif pengajar keagamaan se-Jateng Termin III, dengan jumlah sebesar Rp 92.382.000.000, untuk 230.830 orang.

Riyan