blank
Peserta tes CPNS Kemenkumham Jateng tahun 2024 hari pertama. Foto: Humas

Banyak peserta yang merasa gugup namun tetap optimis menghadapi tes SKD ini. Darantiana (27), salah satu peserta dari Demak mengungkapkan rasa syukur bisa mengikuti seleksi setelah menunggu proses pendaftaran selama beberapa bulan.

“Saya gugup, tapi tetap semangat. Ini impian saya sejak lama untuk menjadi bagian dari Kemenkumham,” katanya, sembari menunjukkan kartu ujian yang ia pegang.

Sementara itu, peserta lain, Rehan Aldi (35) dari Pekalongan, menyebut ini merupakan kesempatan terakhirnya untuk mendaftar CPNS.

“Ini kesempatan terakhir saya untuk tes CPNS karena umur saya sudah mentok. Saya sudah bekerja keras, dan mudah-mudahan hasilnya sesuai dengan usaha saya,” ungkapnya.

Seleksi Kompetensi Dasar ini melibatkan tiga komponen utama meliputi Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) yang menguji pemahaman peserta tentang ideologi Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, serta sejarah nasional; Tes Intelegensi Umum (TIU) yang mengukur kemampuan verbal, numerik, dan logika; serta Tes Karakteristik Pribadi (TKP) yang menilai integritas, komunikasi, dan orientasi pelayanan publik.

Pelaksanaan SKD akan berlangsung selama 12 hari ke depan, dengan 23.428 peserta yang akan mengikuti ujian. Kakanwil juga mengingatkan peserta tes untuk tetap tenang saat mengerjakan ujian. “Tetap tenang dalam mengerjakan ujian, santai dan enjoy, serahkan semuanya kepada Allah SWT,” imbuhnya.

Ning S