blank
Job Fair 46 UKSW sukses tarik lebih dari 1.200 pencari kerja. Foto: UKSW

SALATIGA (SUARABARU.ID) – Gelaran Job Fair 46 Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) yang berlangsung selama dua hari dengan menawarkan 30 perusahaan dan lembaga pendidikan ini kembali mencatat kesuksesan dengan menarik lebih dari 1.200 pencari kerja.

Para job fighter tak hanya dari alumni UKSW saja, melainkan juga dari lulusan non UKSW, SMA/SMK, maupun masyarakat Salatiga dan sekitarnya.

Di hari kedua Job Fair 46 UKSW Jumat (18/10/2024) yang digelar di Balairung Universitas, nampak sejumlah perusahaan dan lembaga pendidikan mengadakan seleksi kerja mulai dari seleksi berkas, wawancara hingga tes tertulis. Seleksi kerja dilakukan langsung di stand setiap perusahaan serta di ruangan yang tidak jauh dari Balairung Universitas yakni gedung Fakultas Interdisiplin ruang G204 dan G505.

Ketua Panitia Theresia Evy Yeniarti, S.E., menerangkan, sejumlah perusahaan seperti PT Asuransi Umum BCA, PT Waleta, PT Solo Murni, dan Jaya Sukses Group melakukan proses tahapan seleksi seperti tes tertulis dan wawancara bagi job fighter. Tak hanya perusahaan saja yang melakukan tahapan wawancara, sejumlah sekolah diantaranya Perhimpunan Pendidikan dan Pengajaran Kristen (PPPK) Petra juga melakukan tes tertulis.

“Tak berhenti pada hari kedua, beberapa perusahan lainnya juga menjadwalkan seleksi pencari kerja pada Sabtu (19/10/2024) baik secara online maupun offline,” bebernya.

Lebih jauh disampaikannya, sebagai kampus yang dikenal sebagai Indonesia Mini, Job Fair UKSW juga memberikan kesempatan kepada sekolah Al-Irsyad Satya Islamic School, yang untuk pertama kalinya menjadi peserta dalam Job Fair 46 UKSW.

Jaring pencari kerja dari berbagai daerah

Saat dijumpai di sela penyelenggara Job Fair 46 UKSW Indri Rini Andriani, S.Si., MBA., selaku Deputy Senior Principal sekolah Al-Irsyad Satya Islamic School mengungkapkan rasa syukurnya bisa bergabung dengan Job Fair 46 UKSW. Kali ini, Al-Irsyad Satya Islamic School menyediakan lowongan Guru Matematika, Guru ICT, dan Guru Sains untuk tingkat SD, SMP, dan SMA.

“Job Fair UKSW sangat menarik dan membantu kami untuk menjaring pencari kerja dari berbagai daerah. Job Fair UKSW merupakan salah satu job fair yang sangat profesional, pelayanan, dan fasilitas yang diberikan sangat bagus serta membuat tenant nyaman,” bebernya.

Saat ini, lanjutnya, Al-Irsyad Satya Islamic School sudah mendapatkan sejumlah kandidat yang sesuai dan telah melakukan negosiasi kontrak kerja setelah melewati tahapan wawancara hingga tes. Selain itu, Indri Rini Andriani, S.Si., MBA., juga menerangkan alasannya bergabung dengan Job Fair UKSW karena lulusan UKSW sangat adaptif dan mudah belajar hal baru.

Di samping itu, Talent Acquisition Supervisor Super Indo Jawa Tengah Ditto Kusuma mengungkapkan bahwa banyak alumni UKSW yang telah bergabung dengan Super Indo. Sebagian besar lulusan UKSW yang mengikuti program Management Trainee terbukti tangguh, menyelesaikan program dengan sangat baik, dan sangat kompetitif di dunia industri.

“Sudah lebih dari 100 pendaftar, di mana kami menawarkan posisi investment analyst, indirect procurement general services and MHE (Material Handling Equipment), store structure designer, facilitator, serta Retail Management Trainee (RMT),” jelas Ditto Kusuma yang juga alumni Fakultas Psikologi UKSW angkatan tahun 2013 ini.