blank
Dekan FTP USM, Prof Dr Ir Haslina MSi, saat memberikan sambutannya di acara Agrichfest, yang digelar di Kampus USM, Rabu (16/10/2024). Foto: dok/usm

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Bertepatan dengan peringatan Hari Pangan Sedunia, Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Semarang (USM), menggelar kegiatan tahunan Agrichfest (Agriculture Technology Festival) III, yang berlangsung di Halaman Gelora USM, Rabu (16/10/2024).

Kegiatan yang mengusung tema ‘Pengelolaan Komoditas Lokal untuk Produk Pangan sebagai Penunjang Ketahanan Pangan Nasional’ itu, diikuti sekitar 175 peserta, yang terdiri dari mahasiswa dan siswa SMA/SMK/Sederajat.

Adapun rangkaian kegiatan Agrichfest III di antaranya, lomba inovasi pangan lokal atau komoditas lokal, lomba content creator, talkshow, serta expo pangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

BACA JUGA: Tim PKM USM Beri Pelatihan Strategi Siaran Radio

Hadir dalam kegiatan itu, Dekan FTP USM Prof Dr Ir Haslina MSi, Wakil Dekan FTP USM Ir Dewi Larasati MSi, Kajur sekaligus Kaprodi Teknologi Hasil Pertanian (THP) USM Ika Fitriana STP MSc, Sekjur sekaligus Sekretaris Prodi THP USM Erwin Nofiyanto SPd MSi, pengelola dan dosen FTP USM.

Dalam sambutannya, Prof Haslina mengatakan, kegiatan ini diselenggarakan oleh tiga organisasi mahasiswa, yang terdiri dari Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), dan Dewan Mahasiswa (Dema) FTP USM.

”Tema yang diangkat dalam kegiatan itu, kami nilai sangat relevan dengan kondisi saat ini. Artinya, ketahanan pangan menjadi isu global yang sangat penting untuk kita. Tentunya, dengan memanfaatkan komoditas lokal, tidak hanya meningkatkan ketahanan pangan Nasional, tapi juga meningkatkan nilai tambah dari produk-produk pertanian,” katanya.

BACA JUGA: Yayasan Al Chalimi Desak Polres Kudus Tuntaskan Dugaan Pencurian dan Eksploitasi Santri oleh Mantan Pengasuh

Guru Besar FTP USM itu berharap, melalui kegiatan Agrichfest, dapat meningkatkan kesadaran masyarakat, untuk mengonsumsi produk pangan lokal Indonesia, dalam mewujudkan ketahanan pangan yang mandiri dan berkelanjutan.

”Ini juga terkait dengan visi misi dan tujuan FTP USM, bahwa semua aktivitas yang dilakukan, nantinya berdasarkan komoditas lokal, serta menghasilkan lulusan berkompeten dibidang teknologi pangan dan hasil pertanian. Saya berharap, kegiatan ini dapat mendorong UMKM akan produk pangan,” ucapnya.

Hal senada diungkapkan Dosen FTP USM sekaligus narasumber dalam Talkshow Agrichfest III, Dr Ir Rohadi MP. Disampaikan dia, pihaknya menyiapkan sumber daya manusia yang memiliki kompetensi, salah satunya untuk melakukan inovasi.

BACA JUGA: Siswa Madrasah di Jepara Diajak Menulis, Mulai  dengan Niat dan Biasakan Membaca

Sementara itu, Plt Kabid Kerawanan Pangan dan Gizi Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Tengah, yang juga sebagai narasumber dalam talkshow ini, Urip Ariani Setyorahayu SPi, mengapresiasi kegiatan Agrichfest ini. Disebutkannya, FTP USM yang sangat membantu dalam melakukan sosialisasi serta edukasi, terkait food loss dan food waste.

Diakuinya, kegiatan yang dilakukan USM ini, sangat membantu pihak pemerintah, dan Dinas Ketahanan Pangan Jateng, yang terus melakukan sosialisasi dan edukasi, terkait dengan food loss dan food waste.

”Terutama juga untuk peningkatan kapasitas pangan lokal ini,” ungkapnya, dalam talkshow yang dimoderatori Kepala Biro Konsultasi dan Pengembangan Agro Industri, Aldila Sagitaning Putri SSi MSc itu.

Riyan