Tim Satlantas Polres Wonogiri bersama personel Polsek Eromoko, melakukan penanganan di lokasi kecelakaan karambol yang melibatkan 3 mobil dan satu sepeda motor serta menyebabkan seorang meninggal.(Dok.Ist)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Terjadi tabrakan karambol yang melibatkan empat kendaraan bermotor. Terdiri atas tiga buah mobil dan satu sepeda motor. Dalam kecelakaan lalu lintas beruntun ini, menyebabkan seorang korban meninggal dunia dan seorang luka ringan.

Kecelakaan maut ini terjadi Senin (14/10/24) Pukul 09.30. Lokasinya pada jalan lurus halus di Kilometer (KM) 29 ruas jalan raya Wonogiri-Pracimantoro. Tepatnya di Dusun Blimbing, Desa Eromoko, Kecamatan Eromoko Kabupaten Wonogiri.

Kapolres Wonogiri AKBP Jarot Sungkowo dan Kasat Lantas Polres AKP Subroto melalui Kasi Humas Polres AKP Anom Prabowo, menyatakan, korban yang meninggal adalah pengendara sepeda motor Honda Verza, yakni Dwi Suprastiyo (23) penduduk asal Semarang. Saat kejadian, korban terjatuh mengalami luka di kepala dan meninggal dunia dalam perjalanan ke rumah sakit. Pemboncengannya, Desi Wahyu Dwi Soviyan (28) warga Kabupaten Pacitan, Jatim, mengalami luka ringan.

Empat kendaraan bermotor yang terlibat kecelakaan tersebut, terdiri atas mobil Daihatsu Grandmax berplat nomor AD 1179 HB yang dikemudikan Dwi Oegi (34) asal Solo, mobil Honda Brio berplat nomor AB 1422 QN dengan pengemudi Ibnu Prasetyo (27) warga Pracimantoro, Wonogiri, dan mobil Toyota Inova berplat nomor AD 1164 YG yang disopiri oleh Adhi Kristanto (47) warga asal Kecamatan Giritontro, Wonogiri.

Berikut satu sepeda motor Honda Verza berplat nomor R 3421 MG, yang dikendara Dwi Suprastiyo (23) penduduk asal Semarang i yang berboncengan dengan Desi Wahyu Dwi Soviyan (28) warga Kabupaten Pacitan, Jatim.

Kecelakaan beruntun ini, terjadi ketika empat kendaraan beromotor tersebut melaju searah, dari selatan ke utara. Tepatnya dari wilayah Kecamatan Eromoko ke wilayah Kecamatan Wuryantoro, Kabupaten Wonogiri. Posisi paling depan adalah mobil Daihatsu Grandmax, diikuti Honda Brio dan Toyota Kijang Inova, baru kemudian di posisi paling belakang adalah sepeda motor Honda Verza.

Mendadak

Sesampainya di tempat kejadian, Mobil Daihatsu Grandmax yang di kemudikan Dwi Oegi berhenti mendadak di badan jalan. Ini menyebabkan dua mobil dan satu sepeda motor yang melaju di belakangnya, saling sruduk menabrak di depannya masing-masing. Yakni Honda Brio menabrak Daihatsu Grandmax, kemudian mobil Toyota Kijang Inova menabrak Honda Brio yang ada di depannya.

Berikut sepeda motor Honda Verza, menabrak mobil Toyota Kijang Inova. Pengendara sepeda motor Honda Verza, terjatuh mengalami luka di kepala dan meninggal dunia saat dibawa ke rumah sakit. Pemboncengnya mengalami luka ringan, dan ketiga pengemudi mobil selamat dalam keadaan baik.

Mendapatkan informasi terjadinya kecelakaan beruntun tersebut, petugas kepolisian langsung mendatangi lokasi untuk melakukan olah TKP dan untuk kendaraan beserta pengemudi yang terlibat penanganan. Juga meminta keterangan dari sejumlah saksi di tempat kejadian.

Penyebab kecelakaan karambol ini masih dalam penyeidikan petugas, tapi diduga karena faktor berhenti mendadak di badan jalan. Yakni bersamaan dengan melajunya tiga kendaraan lain yang beriiringan searah di belakangnya.

Mencermati kecelakaan beruntun tersebut, pihak Polres Wonogiri mengimbau kepada masyarakat, untuk tertib dalam berkendaraan. Senantiasa mengedepankan aspek safety dan etika dalam berkendaraan, guna menghindari kecelakaan. Bersikap untuk saling menghormati dan menghargai sesama pemakai jalan, demi menjaga keselamatan diri dan orang lain.

“Kita tidak pernah tahu dan tidak pernah mau celaka, tetapi kalau bisa dicegah kenapa tidak ?,” tandas Kasi Humas Polres Wonogiri AKP Anom Prabowo. Disiplin berlalu lintas, tambahnya, bukan hanya milik polisi, tetapi juga milik kita semua agar selamat sampai tujuan. Kepada masyarakat diimbau dapat menjadi pelopor keselamatan berlalulintas, dan membudayakan faktor keselamatan sebagai kebutuhan.(Bambang Pur)