Fakultas Farmasi Unissula menggelar Pelatihan kompetensi layanan Bimbingan dan Konseling Tim Satgas Unit Bimbingan Konseling (UBK). Hal ini untuk meningkatkan kemampuan Satgas UBK dalam memberikan bantuan konseling bagi mahasiswa, Senin (14/10/2024). Pelatihan diikuti 25 dosen di lingkungan Fakultas Farmasi. Hadir tiga narasumber, yaitu Edwindha Prafitra N MPd Kons, Sunawan SPd MSi PhD, dan Mulawarman MPd PhD.

Dekan Fakultas Farmasi Dr Rina Wijayanti MSc menyatakan pelatihan penting untuk memperdalam keterampilan dalam memberikan dukungan psikologis mahasiswa. “Kami membutuhkan insight baru dalam mendampingi permasalahan yang dihadapi oleh mahasiswa, terutama dalam mengatasi isu Mental Health yang berkembang saat ini,” ujarnya.

Sehingga dengan pelatihan ini diharapkan tim Satgas UBK Fakultas Farmasi Unissula dapat memberikan layanan bimbingan dan konseling yang lebih efektif. “Sehingga membantu mahasiswa dalam menghadapi permasalahan selama menjalankan studi di Fakultas Farmasi Unissula dan di masa yang akan datang,” ungkapnya.

Pihaknya juga menekankan bahwa Fakultas Farmasi berkomitmen menciptakan lingkungan akademik yang sehat dan kondusif. “Fakultas Farmasi Unissula terus berkomitmen untuk menciptakan lingkungan akademik yang mendukung keberhasilan mahasiswa, baik dari aspek akademik maupun mental,” pungkasnya.

Melalui pelatihan ini para peserta mendapatkan materi penting mengenai Spektrum Bimbingan Konseling di Perguruan Tinggi, Assesment dan Skrining Bimbingan dan Konseling di Perguruan Tinggi, juga Keterampilan Problem Solving.