Petugas dari Satantas Polres Wonogiri bersama personel dari Polsek Jatisrono, mendatangi lokasi untuk penanganan kecelakaan Kakek dan Cucu yang tertindih truk terguling di jalan raya.(Dok.Ist)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Nasib malang menimpa seorang kakek bersama cucunya, yang saat berboncengan sepeda motor di jalan raya. Karena mendadak tertimpa truk yang terguling. Dampaknya, seketika itu sang kakek meninggal di tempat, dan cucunya luka berat.

Tapi menyusul khabar viral di jejaring Medis Sosial (Medsos), bahwa sang cucu yang semula mengalami luka berat ikut menyusul meninggal. Warga menyebutkan, saat kejadian, sang cucu berposisi memboncengkan sang kakek, dalam perjalanan pulang dari cukur (pangkas) rambut.

Tapi keduanya bernasib malang, saat melaju berboncengan dengan sepeda motor, mendadak tertimpa truk yang terguling karena mengalami pecah ban bagian depan kanan. Lokasi kejadiannya berada di sekitar Kilometer 31 pada ruas jalan raya antarprovinsi Wonogiri (Jateng)-Ponorogo (Jatim).

Kapolres Wonogiri AKBP Jarot Sungkowo dan Kasat Lantas Polres AKP Subroto, melalui Kasi Humas Polres AKP Anom Prabowo, Minggu (13/10/24), menyatakan, kecelakaan tersebut terjadi Sabtu siang (12/10/24) Pukul 14.30. Lokasinya, tepatnya berada di jalan Jatisrono-Slogohimo di Dusun Jati, Desa Tanggulangin, Kecamatan Jatisrono, Kabupaten Wonogiri.

Kecelakaan maut tersebut, melibatkan truk pengangkut telur ayam, berplat nomor AG 8184 UT, dikemudikan sopir Basori, warga asal Kabupaten Tulungagung, Jatim. Saat itu, truk melaju dari arah timur (Purwantoro) ke arah barat menuju Kota Wonogiri.

Sesampainya di lokasi kecelakaan, mendadak ban depan kanan truk pecah, menyebabkan truk hilang kendali dan akhir terguling ke arah kanan. Saat bersamaan, dari arah barat melaju korban berboncengan sepeda motor dan bernasib tertimpa truk yang terguling tersebut.

Tanggulangin

Kedua korban berboncengan menggunakan sepeda motor Honda Supra berplat nomor AD 4960 PI, yang dikendarai sang cucu berinisial C (13) dengan memboncengkan sang kakek berinisial S (73). Kedua korban, merupakan warga asal Kecamatan Jatisrono, Kabupaten Wonogiri.

Warga masyarakat menuturkan, lokasi kecelakaan berada di dekat gapura Desa Tanggulangin, Kecamatan Jatisrono, Kabupaten Wonogiri. Upaya mengevakuasi kedua korban yang tertindih truk terguling tersebut, berlangsung menegangkan dan memerlukan waktu lama. Ini terjadi, karena di lokasi kecelakaan tidak tersedia peralatan katrol untuk mengangkat truk terguling yang menindih kedua korban bersama sepeda motornya tersebut.

Evakuasi kedua korban baru berhasil dilakukan, setelah petugas datang ke lokasi dan bersama masyarakat memberikan pertolongan. Kedua korban dilarikan ke Rumah Sakit Amal Sehat di Kecamatan Slogohimo, Kabupaten Wonogiri. Ruas jalan antarprovinsi tersebut, sempat mengalami kemacetan, dan kemudian dilakukan pengaturan model buka tutup secara bergantian

Dari kejadian ini, Polres Wonogiri mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk hati-hati. Kepada semua awak dan pengusaha jasa pelayanan transportasi angkutan barang, diimbau untuk senantiasa memperhatikan kondisi ban dan aspek safety kendaraannya yang harus laik jalan.

Demi mewujudkan keselamatan di jalan, para kru kendaraan juga memperhatikan kapasitas muatan yang diangkut. Jangan sampai overblast atau berlebihan dalam pengangkutan barang, sebab ini juga berpotensi dapat memicu terjadinya kecelakaan yang dapat membahayakan bagi keselamatan pemakai jalan umum.(Bambang Pur)