Presiden RI Joko Widodo foto  bersama teman-temannya di ruang kelas dan deretan bangku yang sama pada Tahun 1978 lalu, di SMAN 6, Sabtu (12/10/2024). Foto: Anind

SOLO (SUARABARU.ID) – Menjelang akhir jabatannya sebagai Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) kangen-kangenan dengan mantan guru serta  rekan sekelas semasa duduk di bangku SMAN 6 Solo dulu.

Jokowi yang mengenakan setelan baju putih-hitam disambut Kepala Sekolah SMAN 6 Solo Drs Munarso MPd dan jajaran guru setempat, serta para Alumnus SMAN 6 Tahun 1980, Sabtu (12/10/2024).

Di hadapan para siswa, Jokowi minta agar mereka belajar lebih giat lagi. Selanjutnya Jokowi didampingi puluhan rekan sekelasnya dulu, menyambangi beberapa ruang kelas, serta  memasuki ruang kelas 1-10 (kini kelas X-E7) yang menyimpan sejuta kenangan bagi Jokowi. Setelah ditunjukkan ruang kelasnya, Jokowi tanpa canggung memasuki ruang kelas 1-10 dan menuju bangku yang pernah dia duduki dulu.

“Ini ruang kelas satu ya. Dulu saya duduk di situ,” tutur Jokowi sembari menunjuk bangku di deretan paling depan.

Mengelus Meja Kusam

Setelah duduk, Jokowi sempat mengelus meja yang peliturnya sudah kusam yang  pernah dipakainya sewaktu belajar dulu.  Pandangannya seakan menerawang ke masa lalu.

Namun belum sempat menikmati kembali meja belajar semasa sekolah dulu, puluhan teman menerobos pengawalan Paspampres, masuk ruang kelas mengerubuti Jokowi minta foto bareng. Jokowi hanya tersenyum, sambil sesekali menanyakan kabar rekannya, apa sudah pensiun atau masih bekerja.

Berdesakan

Mereka rela berdesakan, bergantian untuk mendapatkan momen foto tepat di samping meja Jokowi itu. Diantara rekan yang foto bersama, ada  Sudirman, mantan Staf Ahli Menteri PUPR yang kini menjadi Tenaga Ahli di Kementerian yang sama.

Di tengah sesi pemotretan, Sukanto alias Kandho mengatakan Jokowi dikenal sebagai siswa yang cerdas di SMA 6. Karena cerdasnya ada beberapa teman yang nyontek hasil ulangan (ujian) Matematika.

“Seperti saya, Prawoto dan Joko Triyono (alm) sering nyontek garapan Jokowi,” tuturnya. Kandho mengaku selalu bisa duduk sebangku berdampingan dengan Jokowi, jika ulangan Matematika, sehingga dia mengaku beruntung bisa nyontek garapan Jokowi yang di kelas dikenal pendiam itu.

Sudirman menambahkan selama belajar dulu, Jokowi sudah dikenal berpikiran out of the box. “Tidak berpikir seperti pelajar pada umumnya. Maka setelah menjabat Presiden, anda sudah tahulah karyanya (Jokowi). Kalau saya ditanya ke-PU an, saya tahu,” ujarnya

Selama kangen-kangenan, Jokowi juga menemui sejumlah guru sepuh dan memberikan bingkisan baju batik. Jokowi sempat meninjau lorong-lorong kelas, sambil meladeni para guru, siswa untuk foto bersama.

Anind