Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana mengecek venue untuk pertandingan cabang olahraga menembak dan e-sport, di Surakarta, Sabtu, 5 Oktober 2024.. Foto: Humas Pemprov

SURAKARTA (SUARABARU.ID)– Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana menyatakan,  seluruh kontingen yang akan berlaga pada Pekan Paralimpiade  Nasional (Peparnas) XVII sudah sampai di Solo Raya, Sabtu, 5 Oktober 2024.

Sebanyak 35 kontingen tersebut berasal dari 35 provinsi.  Total atlet dan offisialnya sebanyak 5.178 orang. Mereka akan berlaga untuk 20 cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan.

“Semua (kontingen) sudah berada di Surakarta dan sekitarnya, karena (venue) pertandingan Peparnas XVII berada di Kota Surakarta, Kabupaten Karanganyar, Boyolali, dan Sukoharjo,” kata  Nana Sudjana usai mengecek venue untuk pertandingan cabang olahraga menembak dan e-sport, di Surakarta, Sabtu, 5 Oktober 2024.

Selain mengecek kesiapan venue, Nana sejak pagi juga berkeliling Kota Surakarta untuk mengecek kesiapan lainnya. Seperti kesiapan tempat pembukaan di Stadion Manahan Solo sampai kesiapan transportasi dan akomodasi.

Khusus transportasi, kata Nana, panitia telah menyiapkan total 62 armada bus ramah disabilitas untuk antar-jemput atlet dan ofisial. Sedangkan untuk hotel telah disiapkan sebanyak 31 tempat.

“Saat ini para atlet dan ofisial sudah masuk ke tempat yang disediakan,” katanya.

Nana menambahkan, beberapa  cabor juga menggunakan ballroom hotel sebagai venue pertandingan. Hal ini dipilih guna menunjang aksesibilitas dan fisibilitas atlet dari tempat menginap ke lokasi bertanding dan sebaliknya.

Ia mencontohkan, untuk cabor menembak lokasinya di Hotel Harris, pun dengan venue pertandingan juga berada di hotel tersebut. Begitu juga dengan cabor E-Sport yang lokasi pertandingan dan penginapannya berada  di Hotel Adiwangsa.