Narasumber pelatihan, Amaliyatul Hidayah Rofiq, Duta bahasa Jawa Tengah sekaligus Presiden Mahasiswa UNISBANK bersama Forum Anak Jepara. Foto: Hadepe.

JEPARA (SUARABARU.ID) – Forum Anak Jepara mengadakan kegiatan Pelatihan Public Speaking dan Self Development pada hari Sabtu, 5 Oktober 2024. Kegiatan yang  dilaksanakan di Ruang Aula Bawah DP3AP2KB ini menghadirkan narasumber Amaliyatul Hidayah Rofiq,  Duta bahasa Jawa Tengah sekaligus Presiden Mahasiswa UNISBANK.

Sebanyak 30 orang siswa / pengurus Forum Anak Jepara mengikuti kegiatan pelatihan dengan aktif. Mereka berasal dari berbagai sekolah di Jepara yang berbeda diantaranya  SMP Negeri 1 Jepara, SMA Negeri 1 Jepara, SMK Negeri 2 Jepara, SMK Negeri 1 Bangsri, MAN 1 Jepara, MA Matholibul Huda, dan SMA 1 Nalumsari.

Amaliyatul Hidayah Rofiq, Duta bahasa Jawa Tengah sekaligus Presiden Mahasiswa UNISBANK saat menyampaikan materi pelatihan. Foto: Hadepe.

Sementara Amaliyatul Hidayah Rofiq  dalam paparannya menguraikan tentang pentingnya komunikasi dalam organisasi. “Komunikasi adalah kunci dalam menjalankan hubungan baik pada internal maupun eksternal berorganisasi” ujarnya.

Karena itu sepatutnya para aktivis organisasi pemuda dan pelajar harus cakap dalam berkomunikasi. “Melalui komunikasi yang baik, ide, gagasan dan bahkan program-program dapat tersampaikan dengan baik hingga mendapatkan tanggapan yang baik sesuai dengan tujuan komunikasi,” urai Amaliya

Lebih lanjut Amaliya mengungkapkan, Tuhan menciptakan kita berbangsa-bangsa, bersuku-suku,  illa li ta’arufu, agar saling mengenal. Setelah mengenal, munculkan nilai toleransi dalam diri. ” Disini nampak betap pentingnya komunikasi  dalam menjaga persatuan bangsa,” tuturnya

Sementara  publik speaking atau  wicara publik adalah sebuah seni dalam berbicara, tentang bagaimana kita bisa mengajak kawan bicara kita bisa tertarik dan mengerti pesan yang ingin kita sampaikan. Karena itu perlu dilatih secara rutin agar memiliki ketrampilan berbicara di depan umum. “Salah satu kiatnya adalah dengan berlatih di depan cermin” ujarnya.

Ketika ingin berkembang, seseorang menurut Amaliya  harus mampu mengenali dirinya   terlebih dahulu, apa bakat dan minat kita.  Melalui pemahaman itu kita dapat menjadi seorang yang visioner, sehingga kita dapat mengembangkan potensi sesuai dengan minat kita dimasa depan. “Jadilah pemuda Jepara yang aktif, kreatif, adaptif, responsif dan berakhlak mulia di era modern ini,”  ajak Amaliyatul Hidayah Rofiq. Karena itu syarat agar dapat memberikan sumbang sih bagi kemajuan daerah, tambahnya,

Ketua Forum Anak Kabupaten Jepara, Chrissyobel Dwi Yeputha yang juga siswa kelas 12 SMA Masehi Jepara, saat membuka acara. Foto: Hadepe

Menurut Ketua Forum Anak Kabupaten Jepara, Chrissyobel Dwi Yeputha yang juga  siswa kelas 12  SMA Masehi Jepara, kegiatan pelatihan ini mengusung tema “Membangun Komunikasi Efektif menjadi Pemimpin Muda yang Inspiratif”

“Tujuan diadakannya pelatihan ini agar anggota dan pengurus  Forum  Anak bisa belajar bagaimana komunikasi yang efektif terutama dalam berorganisasi. Juga   cara  berbicara di depan umum yang baik,” paparnya.   Kegiatan ini baru pertama kali dilakukan di periodenya sebagai ketua, tambahnya.

Hadepe