Dr Muhammad Junaidi SHI MH (Wakil Rektor III USM Bidang Kemahasiswaan). Foto: dok/usm

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Universitas Semarang (USM) sukses meraih predikat ‘Baik Sekali’, dalam kategori Akademik Liga 1 Tahun 2024, dalam penilaian Sistem Informasi Kinerja Tata Kelola Kemahasiswaan (Simkatmawa).

Hasil itu diumumkan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia. Penilaian ini berdasarkan verifikasi dokumen pada 2022 dan 2023.

Wakil Rektor III USM Bidang Kemahasiswaan, Dr Muhammad Junaidi SHI MH, mengungkapkan rasa syukur atas pencapaian predikat itu. Dia menyebut, USM sebagai salah satu perguruan tinggi swasta di Jawa Tengah patut bersyukur atas raihan ini.

BACA JUGA: Cegah Kekerasan Seksual di Kampus, UPNS PPKS USM Lakukan Survei

”Hal itu karena berhasil memperoleh predikat Baik Sekali, dalam pemeringkatan Simkatmawa tahun ini. Kami berada di kategori Akademik Liga 1, atau liga tertinggi dengan jumlah mahasiswa aktif lebih dari 18 ribu orang,” ujarnya.

Dia menjelaskan, pencapaian ini tak lepas dari prestasi mahasiswa yang terus berkembang, berkat arahan Rektor USM, Dr Supari ST MT.

”Posisi ini menjadi perolehan besar, yang akan terus kami pertahankan dan tingkatkan di tahun-tahun mendatang. Bimbingan dari rektor juga sangat berperan penting dalam mendorong mahasiswa, untuk terus berprestasi di berbagai bidang,” tambah Junaidi.

BACA JUGA: Dema Fakultas Psikologi USM Gelar Rakor 2

Menurutnya, prestasi itu menunjukkan komitmen USM dalam menjaga dan meningkatkan kualitas tata kelola kemahasiswaan, serta mendorong mahasiswa untuk terus berprestasi di tingkat Nasional maupun internasional.

”Predikat Baik Sekali dalam Simkatmawa 2024 ini, memberikan motivasi bagi USM, untuk terus meningkatkan kinerjanya di masa yang akan datang. Selain itu, berkontribusi dalam membentuk generasi muda yang unggul dan berdaya saing,” ungkap dia.

Riyan