Kondisi Pasar Wage Gondang Watumalang Wonosobo yang sepi meski berada di tempat strategis. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Pasar Wage Gondang Watumalang Wonosobo saat ini kondisinya cukup memprihatinkan. Karena pengunjung sepi dan bangunan pasar sudah banyak yang rusak.

Letak Pasar Wage Gondang sebenarnya cukup strategis. Karena berada di perempatan jalan yang cukup ramai. Di sekitar pasar juga terdapat perkampungan penduduk yang cukup padat.

Kepala Pasar Wage Gondang Rifki Khanif menyatakan karena kondisi tersebut maka pihaknya ke depan akan melakukan penataan pasar desa tersebut agar lebih ramai dan bangunan tertata lebih baik.

“Kami bersama pengelola yang lain dan pedagang akan mencoba melakukan kajian dan analisa bersama agar Pasar Wage Gondang bisa lebih baik lagi. Baik dari sisi bangunan maupun managemen pasar,” katanya, ketika ditemui di komplek pasar.

Pasar Ramai

Kondisi bangunan Pasar Wage Gondang Watumalang Wonosobo yang rusak dan perlu dibenahi. Foto : SB/Muharno Zarka

Menurut Khanif, langkah awal yang akan dilakukan adalah penataaan managemen pengelolaan pasar. Mulai dari penataan administrasi keuangan, pengelolaan pasar, promosi, sarana dan prasarana yang ada.

“Kami yakin jika pengelolaan pasar di tata, nanti kondisi pengunjung akan ramai dan omset pedagang akan akan mengalami kenaikan. Kami akan mencoba melakukan koordinasi dengan pihak pemerintah Desa Gondang,” katanya.

Sebagai pasar desa, Pasar Wage Gondang, lanjutnya, menjadi aset pemerintah Desa Gondang. Sekiranya tidak cukup ditangani oleh pengelola, maka ke depan perlu dikembangkan dan dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Desa Gondang Watumalang Wonosobo.

“Kami akan berusaha melakukan koordinasi dengan pemerintah desa. Bukan tidak mungkin nanti kami akan mengundang investor, baik pemerintah maupun swasta, untuk bersama-sama mengelola pasar agar kondisinya akan lebih ramai dan menarik bagi pengunjung,” tandasnya.

Muharno Zarka