Babinsa Sertu Marsudi (kanan) dari Koramil-18 Girimarto Kodim 0728 Wonogiri, memberikan pelatihan kepada para anggota Linmas Desa Doho, Kecamatan Girimarto, Kabupaten Wonogiri.(Pendim 0728 Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil-18/Girmarto Kodim 0728/Wonogiri, Sertu Marsudi, memberikan pelatihan dan pembekalan kepada para anggota Linmas (Perlindungan Masyarakat) Desa Doho, Kecamatan Girimarto, Kabupaten Wonogiri.

Penerangan Kodim (Pendim) 0728 Wonogiri, Pelda Indra, mengabarkan, pelatihan dan pendampingan yang diberikan, mencakup materi Peraturan Baris Berbaris (PBB). Juga diajarkan bagaimana cara melakukan penanganan awal terhadap pelaku kejahatan di kampung. Bersamaan itu, para peserta pelatihan juga diberikan pelatihan bela diri dan diberikan game outbound.

“Kami berikan pembekalan dasar, bagaimana menjadi Linmas yang dapat menangani permasalahan ringan di kampung,” jelas Sertu Marsudi. Pemberian pelatihan bela diri dan baris berbaris, menjadi kemampuan dasar yang harus dikuasai oleh seorang petugas Linmas.

Sesuai petunjuk dari Komando atas, Babinsa Sertu Marsudi juga memberikan pemahaman bela negara kepada seluruh personel Linmas. “Kita tahu jika rasa cinta terhadap Tanah Air harus terus dipupuk,” tandas Sertu Marsudi.

Harapannya, para anggota Linmas dapat menjadi garda terdepan untuk memasyarakatkan rasa cinta terhadap Tanah Air. Pelatihan yang saat ini diberikan, akan memberikan nilai pada para personel Linmas, yang dalam pelaksanaan Pilkada nanti akan tampil menjadi Petugas Penertib (Gastib) di semua Tempat Pemungutan Suara (TPS).(Bambang Pur)