Selain itu kapasitas 32 seat yang lebih lega untuk memberikan ruang bersantap yang lapang dan nyaman bagi para penumpang. Tirai jendela dan pintu penumpang yang dikendalikan otomatis dengan tombol, memberikan kemudahan dalam operasional.

“Digital menu display, memudahkan penumpang untuk memilih dan memesan makanan serta minuman secara praktis. Interior yang instagramable, dihiasi dengan gambar lokomotif seri C1414 yang bersejarah. Lokomotif ini memulai dinasnya pada 10 Oktober 1902 dan menjadi salah satu ikon penting dalam sejarah perkeretaapian di Indonesia,” katanya.

Franoto menjelaskan, sebagai salah satu lokomotif uap pertama, seri C1414 dikenal karena ketangguhannya dalam mengarungi berbagai medan, termasuk lintasan pegunungan di Jawa. Kini, lokomotif ini diabadikan dalam desain kereta makan sebagai simbol tradisi dan kemajuan.

Fasilitas lainnya seperti tersedianya mushala untuk memudahkan penumpang menjalankan ibadah selama perjalanan. Selain itu kecepatan maksimal 120 km/jam, memastikan perjalanan KA yang cepat, efisien, aman dan nyaman.

KA Argo Muria merupakan kereta api kelas eksekutif yang dioperasikan oleh Daop 4 Semarang menggunakan rangkaian 9 kereta kelas eksekutif new image dengan total kapasitas 450 tempat duduk.

“Kereta ini melayani perjalanan pulang pergi Semarang Tawang Bank Jateng – Gambir Jakarta, dengan pemberhentian di 4 stasiun yaitu Pekalongan, Tegal, Cirebon, dan Bekasi,” kata Franoto menjelaskan lebih lanjut.

Franoto juga menambahkan, kehadiran kereta makan eksklusif ini merupakan bagian dari komitmen KAI dalam peningkatan pelayanan kepada pelanggan, terutama pada momen spesial HUT ke-79 KAI. Selain itu, inovasi ini juga sejalan dengan penerapan Sustainable Development Goals (SDG’s) yang berkelanjutan, khususnya dalam menciptakan transportasi yang ramah lingkungan dan berfokus pada keberlanjutan.

“KAI berusaha terus berinovasi, tidak hanya dalam peningkatan pelayanan kepada penumpang tetapi juga dalam mendukung keberlanjutan lingkungan dan sosial. Kereta makan eksklusif ini merupakan salah satu bentuk nyata penerapan SDG’s di sektor transportasi,” lanjut Franoto.

Adapun untuk sajian menu, gerbong eksklusif ini menawarkan resep-resep nusantara yang memanjakan lidah yang menggugah selera, seperti Nasi Rames Nusantara, Nasi Goreng, Bistik, Nasi Ayam Geprek, Nasi Langgi, Nasi Bali, Nasi Uduk Dendeng Balado, Nasi Kuning Cakalang dan lain sebagainya.

Selain itu berbagai pilihan minuman juga disajikan, seperti Teh, Kopi, Hot Coklat, dan banyak lagi. Para penumpang dapat menikmati hidangan lezat sambil menikmati pemandangan selama perjalanan.

Dengan adanya fasilitas baru ini, KAI berharap dapat terus menjadi pilihan utama masyarakat dalam memenuhi kebutuhan transportasi yang aman, nyaman, dan menyenangkan.

“Kereta makan eksklusif KA Argo Muria siap memberikan pengalaman berbeda bagi penumpang, menjadikan setiap perjalanan semakin istimewa,” tutup Franoto.

Hery Priyono