Ketua dan Wakil Ketua Sementara DPRD Wonogiri, Sriyono (kiri) dan Sugeng Ahmady (kanan berpeci) menandatangani hasil rapat paripurna penetapan calon Pimpinan Dewan masa bakti 2024-2029.(Humas DPRD Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – DPRD Kabupaten Wonogiri, Sabtu (28/9/24), menggelar rapat paripurna di Ruang Graha Paripurna lantai dua. Hasilnya, menetapkan kuartet anggota menjadi calon Pimpinan DPRD Kabupaten Wonogiri masa jabatan Tahun 2024-2029.

Keempat anggota yang ditetapkan menjadi calon Pimpinan DPRD untuk periode 5 tahun mendatang tersebut, terdiri atas Sriyono SPd dari Fraksi PDI Perjuangan, Sugeng Ahmady (Fraksi Partai Golkar), Krisyanto (Fraksi PKS) dan Suryo Suminto (Fraksi Partai Gerindra).

Untuk diketahui, empat calon Pimpinan DPRD tersebut berasal dari 4 Parpol pemenang terbesar pada Pemilu Legislatif (Pileg) Pemilu Februari 2024 lalu. Yakni PDI Perjuangan yang mendapatkan sebanyak 27 dari 50 kursi DPRD Wonogiri, menyusul Partai Golkar dengan 7 kursi, PKS (5 kursi) dan Partai Gerindra (4 kursi).

Kuartet Anggota DPRD tersebut, dicalonkan menjadi Pimpinan Dewan, setelah dibacakan Pengumuman DPRD Kabupaten Wonogiri Nomor: 100.1.4.2/2540, tentang Calon Pimpinan DPRD Kabupaten Wonogiri Masa Jabatan 2024-2029, oleh Pjs Sekretaris DPRD Kabupaten Wonogiri, Edhy Trihadiyanto.

Rapat paripurna dipimpin Ketua dan Wakil Ketua Sementara, yakni Sriyono dari Fraksi PDI Perjuangan dan Sugeng Ahmady dari Fraksi Partai Golkar. Duet Pimpinan sementara ini, berasal dua Parpol pemenang pertama dan kedua pada Pemilihan Legislatif (Pileg) pada Pemilu Februari 2024 lalu.

Ikut hadir dalam rapat paripurna tersebut, Bupati Wonogiri yang diwakili Pj Sekda FX Pranata bersama para Asisten Sekda dan para Pimpinan Dinas Instansi.

Kabag Persidangan dan Humas DPRD Kabupaten Wonogiri, Sunardi dan Amin, menyatakan, keempat nama calon Pimpinan DPRD masa bakti 2024-2029 tersebut, segera dikirimkan ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng, guna mendapatkan Surat Keputusan (SK) Pengangkatan Pimpinan DPRD dari Gubernur. Untuk proses pelantikannya, masih menunggu setelah turunnya SK Pengangkatan Pimpinan DPRD dari Gubernur Jateng.(Bambang Pur)