Calon Walikota Semarang Agustina Wilujeng mengadakan kunjungan ke Unissula pada Senin (23/9/2024). Ia disambut langsung oleh Rektor Prof Dr Gunarto SH MH di ruangRektor.

Keduanya membahas banyak hal diantaranya pentingnya membuka akses pendidikan untuksemua kalangan termasuk bangi mereka yang kurang mampu secara ekonomi. “Minat kuliahdi Kota Semarang dari mereka yang berasal dari masyarakat yang kurang mampu secaraekonomi sangat tinggi namun tidak semuanya bisa mendapatkan fasilitas KIPK dariPemerintah karena keterbatasan kuota yang tersedia. Oleh karenanya sangat penting dicariskema bantuan biaya kuliah di luar KIPK yang disediakan oleh pemerintah pusat agar semakin banyak masyarakat dari golongan yang kurang mampu bisa menikmati kuliah secaragratis,” ungkap Prof Gunarto.

Agustina Wilujeng sepakat pentingnya keberpihakan dan membuka akses yang lebih luasbagi masyarakat yang kurang mampu untuk dapat mengenyam pendidikan tinggi. “Kebetulansaya mantan anggota DPR RI Komisi X yang membidangi pendidikan sehingga memahamimasalah ini. Memang tidak semua masyarakat yang kurang mampu bisa tercover oleh KIPK dari pemerintah pusat sehingga perlu ditopang oleh Pemerintah Kota. Salah satunya denganmemaksimalkan 20% anggaran Pemerintah Kota untuk pendidikan termasuk sebagaibeasiswa bagi masyarakat yang kurang mampu agar bisa menikmati pendidikan di perguruantingggi,” ungkapnya.

Selain membuka akses lebih luas di perguruan tinggi bagi masyarakat kurang mampuAgustina Wilujeng juga menyampaikan pentingnya penguatan perguruan tinggi bukan sajabagi perguruan tinggi negeri namun juga bagi perguruan tinggi swasta.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut Ketua Pembina Yayasan Badan Wakaf Sultan Agung (YBWSA) Drs Azhar Combo serta anggota Pembina Drs Ali Mufidz MPA. Hadir pula ketuaumum pengurus YBWSA Dr Bambang Tri Bawono SH MH, Sekretaris YBWSA Dr M Ja’far Shodik SE MSi, Wakil Rektor I Dr Andre Sugiyono, Wakil Rektor III M Qomaruddin ST MSc PhD, dan Dekan Fakultas Hukum Dr Jawade Hafidz SH MH.