Harianto Oghie, Sekjen LP Ma'arif PBNU bersama para tamu undangan usai pembukaan Perkemahan prestasi Ma'arif Nahdlatul Ulama (Persimanu) 1 yang berlamngsung hari Minggu, 22 September 2024. Foto: Subekhan

JEPARA (SUARABARU.ID) – Perkemahan prestasi Ma’arif Nahdlatul Ulama (Persimanu) 1 yang berlangsung hari   Minggu,  22 September 2024 resmi dibuka oleh Sekjen LP Ma’arif PBNU Harianto Oghie. Kegiatan perkemahan dalam rangka peringatan Harlah ke-95 LP Ma’arif NU dihadiri sejumlah tokoh baik tingkat kabupaten maupun provinsi.

Ketua Tadfidiyah PC NU Jepara, KH. Charis Rohman sematkan tanda peserta. Foto: Subekhan

Tampak hadir dalam acara pembukaan persimanu 1 Kabupaten Jepara Ketua LP Ma’arif NU PWNU Jawa Tengah KH. Fakhruddin  Karmani, Ketua Pinsako Ma’arif PWNU Jawa Tengah H. Sobirin,  Ketua Tsnfidziyah PCNU Jepara KH. Charis Rohman, Kepala Kankemenag Jepara H. Akhsan Muhyiddin, Kepala Disdikpora Jepara, H. Ali Hidayat beserta jajarannya.

Hadir juga  Camat  Tahunan, H. Nuril Abdillah,  Kwarcab Jepara, Kwaran Tahunan,  Polres Jepara,  Polsek Tahunan Koramil Tahunan, Kepala dan pengurus KKMI 02, KKMTs 02, KKMA 02, MKKS SMP LP Ma’arif NU,  Badan Otonom NU, dan sejumlah undangan.

Sejumlah tamu undangan mendapat buku LP Ma’arif Undercover. Foto: Subekhan

Hisyam Zamroni selaku Pinsako Ma’arif NU Jepara dan atas nama panitia melaporkan bahwa kegiatan Persimanu 1 Kabupaten Jepara ini merupakan puncak peringatan Harlah ke-95 LP Ma’arif NU yang diikuti 3212 peserta dan pendamping dari 146 pangkalan.

Dari jenjang MI/SD 47 pangkalan dengan jumlah 1340 peserta dan pendamping, jenjang MTs/SMP diikuti 66 pangkalan dengan jumlah 1452 peserta dan pendamping, dan jenjang MA/SMA/SMK diikuti 33 pangkalan dengan jumlah 727 peserta dan pendamping.

Tiga tokoh legenda Jepara berpose dengan tamu undangan. Foto: Subekhan

Harianto Oghie, Sekjen LP Ma’arif PBNU selaku Inspektur upacara pembukaan Persimanu 1 Kabupaten Jepara mengapresiasi kegiatan perkemahan yang digelar oleh LP Ma’arif NU Jepara.

“Kegiatan sebesar ini hanya dapat diselenggarakan oleh LP Ma’arif NU. Oleh karena itu, kami mengapresiasi dan menyampaikan salam hormat dari Kakak Prof. Ajengan Ali Romdloni, Ketua LP. Ma’arif PBNU yang juga menjadi Sekjen Kementerian Agama RI yang karena kesibukan beliau tidak dapat hadir secara pribadi,” tutur Harianto Oghie berapi-api.

H. Nur Khandir serahkan buku karyanya, LP Ma’arif Undercover. Foto: Subekhan

Lebih lanjut Harianto Oghie mengatakan bahwa Harlah ke-95 LP Ma’arif NU tahun imi  mengambil tema, “Merawat wawasan membangun martabat.” dengan harapan LP Ma’arif akan melahirkan generasi yang berwawasan dan siap berkompetisi di masa depan. Membangun martabat berarti terciptanya generasi yang mengejawantahkan nilai-nilai mabadiu khoiro ummah, yang didalamnya mengandung nilai- nilai gotong royong, etos kerja, dan integritas.

Oghie juga menyampaikan pesan Ketua LP Ma’arif PBNU kepada generasi NU agar tidak “mager” malas bergerak sebagai ekses dari transformasi digital yang telah berkembang akhir-akhir ini. Oleh karena itu, melalui Persimanu 1 Kabupaten Jepara ini menjadi media bergerak, berekspresi, dan berkreativitas.

Kepada Kementerian Agama Kabupaten Jepara dan Dinas Pendidikan dan Olahraga Kabupaten Jepara sebagai mitra LP Ma’arif NU, Oghie minta dukungan untuk pengembangan dan kemajuan LP Ma’arif.

Di tengah- tengah acara pembukaan diserahkan buku karya H. Nur Khandir berjudul, ” LP Ma’arif Undercover, Kugapai dalam Impian.” dan diakhiri dengan penampilan tari kolosal dengan 260 penari persembahan Ponpes Balekambang Jepara dengan menyajikan atraksi Balekambang Marching Band dan Tari Kolosal 3 Legenda Jepara, Ratu Shima, Ratu Kalinyamat, dan RA Kartini. Sambutan meriah dan apresiasi dari seluruh peserta.

Hadepe – Sub