KPU Kota Tegal gelar sosialisasi pengunjung city walk Jalan A Yani Kota Tegal. Foto: Sutrisno.

TEGAL (SUARABARU.ID) – Untuk mendongkrak jumlah pemilih maksimal dan menumbuhkan kesadaran masyarakat akan hak pilih pada Pilgub dan Pilwalkot 2024, KPU Kota Tegal menyasar pengunjung City Walk Jalan A Yani Kota Tegal, Sabtu (14/9/2024) malam.

Dengan menggandeng grup musik akustik, KPU menarik perhatian pengunjung yang menikmati kuliner food truck dan warga yang melintas di sepanjang jalan Ahmad Yani Kota Tegal.

Komisioner KPU Kota Tegal Divisi Sosdiklih, Parmas dan SDM Charis Budiman mengatakan, sosialisasi terkait Pilkada serentak akan terus digencarkan hingga Oktober nanti. Sebab tidak hanya Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Pilwalkot) Tegal saja, tetapi masyarakat juga akan melaksanakan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah.

“Pilkada serentak tinggal menghitung beberapa bulan lagi, oleh karenanya hal tersebut perlu disosialisasikan untuk mengajak masyarakat turut mensukseskan bersama dengan datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) setempat,” ujarnya

Pada kegiatan ini, KPU juga melibatkan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang tersebar di empat Kecamatan di Kota Tegal.

“Ada yang dilaksanakan dua kali di titik yang sama, ada yang dilaksanakan satu kali. Selain itu, ada yang dilaksanakan malam hari, dan ada yang dilaksanakan pagi hari. Melihat keramaian masyarakat di titik yang dikunjungi,” ujarnya.

Charis beraharap tingkat partisipasi masyarakat Kota Tegal untuk datang ke TPS menggunakan hak suaranya semakin meningkat. “Jadi kami ajak masyarakat yang telah terdata atau dicoklit (pencocokan dan penelitian) agar pada 27 November 2024 nanti datang ke TPS menggunakan hak pilihnya,” ucap Charis.

KPU Kota Tegal juga memberikan hadiah merchandise kepada masyarakat yang berhasil menjawab kuis seputar sosialisasi Pilkada serentak.

Sutrisno