Tim pengabdian kepada masyarakat (PKM) UNISNU Jepara yang diketuai oleh Noor Nailie Azzat, ST., MT saat serahkan bantuan kepadaMien Ahdiyati selaku ketua KUB Mutiara Berkah Abadi. Foto: gunboi

JEPARA (SUARABARU.ID) – Kelompok Usaha Bersama (KUB) merupakan sebuah entitas yang dibentuk oleh sekelompok individu atau kelompok kecil yang memiliki minat yang sama dalam mengembangkan usaha. KUB berfungsi sebagai wadah bagi anggotanya untuk saling berkolaborasi, berbagi sumber daya, dan meningkatkan kekuatan bersama dalam menghadapi tantangan bisnis.

Salah satunya adalah KUB Mutiara Berkah Abadi yang ada di desa Krapyak, Kecamatan Tahunan  yang berdiri sejak tahun 2020. KUB ini beranggotakan 8 orang yang setiap pagi menjual menu cangking (lauk pauk dalam bungkus). Setiap anggota membuat menu yang berbeda-beda.

Tim pengabdian kepada masyarakat (PKM) UNISNU Jepara bersama anggota KUB Mutiara Berkah Abadi Krapyak. Foto: gunboi

Tim pengabdian kepada masyarakat (PKM) UNISNU Jepara yang diketuai oleh Noor Nailie Azzat, ST., MT bersama anggota Gunawan Mohammad, ST, MT, Dwi Agus Susila, M.Sn serta Syaina Putri Fajri Agustin (mahasiswa Teknik Industri) bermaksud membantu dapat proses operasional untuk peningkatan layanan lapak menu cangking tersebut.

Gunawan menyampaikan dalam sambutannya, “kami melihat selama beroperasi manajemen operasional pencatatan barang masuk dan keluar masih manual, sehingga hari ini kami bermaksud sharing kepada ibu-ibu bagaimana pengelelolaan secara digital lewat aplikasi barang masuk dan keluar agar lebih akurat dan real time dapat dipantau oleh pengelola dan anggota.”, ungkapnya

Gunawan Mohammad, ST, MT,saat menyampaikan meteri .

Noor Nailie Azzat juga menambahkan bahwa dalam sebuah industri baik besar maupun UMKM sekalipun perlu adanya pengelolaan yang baik agar dapat bertahan dalam persaingan saat ini. “Dengan adanya digitalisasi ini, ibu ibu dapat melihat data record/data masa lalu atau trend penjualan yang dihasilkan setiap hari. sehingga ibu-ibu dapat menentukan pada hari apa, kita produksi berapa. harapannya kan ada peningkatan penjualan agar lebih optimal dalam produksinya nggih Ibu ibu.”, paparan materinya.

 

Selain itu, Dwi Agus Susila menyampaikan juga bahwa dalam observasi melihat rak display yang tidak menarik, sehingga dalam kesempatan PKM ini kami berikan rak display untuk menata produk-produk KUB agar lebih menarik dan menjual.

Dalam penutup acara, Mien Ahdiyati selaku ketua KUB Mutiara Berkah Abadi menyampaikan terima kasih kepada UNISNU Jepara atas bantuan yang telah diberikan. “Kami terima kasih kepada Bu Noor Nailie Tim yang telah membantu kami, kami sangat senang dan semoga apa yang telah diberikan dapat bermanfaat untuk peningkatan penjualan maupun pelayanan KUB kami kepada masyarakat desa Krapyak khususnya.”, tutupnya.

Hadepe -gunboi