Polisi dan warga berada di tempat kejadian, tangga di tanggul sungai tempat anak-anak bermain dan seorang di antaranya tenggelam. Foto: Dok Polsek Godong

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – AR seorang bocah yang baru berusia 2 tahun 8 bulan tewas tenggelam di sungai tersier 21 (T21) di Desa Harjowinangun, Kecamatan Godong, Sabtu 14 September 2024.

Menurut Imam Syafii (34), warga setempat, AR tenggelam saat bermain di pinggir sungai T21 bersama kawan-kawannya. Saksi Imam Syafii menuturkan, dia melihat AR bermain dengan MA (5) dan MF (4), menuju sungai T21 tadi.

Saat mendekati pinggir sungai tersebut, Garnadi (53), warga yang tinggalnya tidak jauh dari sungai tadi langsung memperingatkan ketiga anak tersebut untuk tidak main di sana.

Baca juga Rumah Berbahan Kayu Jati Milik Penjual Tahu Goreng di Purwodadi Ludes Terbakar

Ketiga bocah itu langsung menyingkir dan berpindah ke dekat tangga yang ada di pinggir sungai. Ketiganya bermain di area anak tangga di pinggir sungai tersebut, hingga akhirnya ARA terpeleset dan terjatuh ke dalam sungai T21 yang berada di Dusun Gulang Pojok tersebut.

Kapolsek Godong, AKP Bambang Jumeno dalam keterangannya mengatakan, setelah terjatuh, korban tenggelam. Sementara, kondisi air sungai deras.

“Teman-teman korban langsung lari dan memberitahukan kepada para warga setempat. Hingga akhirnya, warga turun langsung untuk mencari keberadaan korban di dalam sungai,” ujar AKP Bambang Jumeno.

Setelah dilakukan pencarian, korban ditemukan sekitar 200 meter dari tempat awal saat bermain dengan teman-temannya. Selanjutnya, korban dibawa ke Puskesmas Kebonagung, Kabupaten Demak, yang tidak jauh dari lokasi kejadian.

“Dari pemeriksaan tim medis Puskesmas Kebonagung menyatakan korban sudah dalam keadaan meninggal dunia dan tidak ditemukan adanya tanda kekerasan,” tambah AKP Bambang Jumeno.

Imbauan Menurut AKP Bambang Jumeno, kejadian tenggelamnya anak berusia di bawah lima tahun ini karena kelalaian anak-anak saat bermain di tanggul sungai dengan kondisi arus sungai yang deras.

Atas kejadian ini, AKP Bambang Jumeno mengimbau kepada para orang tua untuk tetap awas dan tidak lalai dalam menjaga anak-anaknya yang bermain di luar rumah. Terlebih, bagi mereka yang tinggal tidak jauh dari sungai. “Kami imbau kepada masyarakat, khususnya para orang tua untuk tetap memperhatikan dan menjaga anak-anaknya saat bermain. Pastikan, anak-anak sudah bermain di tempat yang aman,” imbau Kapolsek Godong ini.
Tya wiedya