Selain medali emas, Calista (tengah) menerima bonus dari KONI Jateng berupa uang tunai sebesar Rp 10 Juta. Foto: dok/lukas

DELI SERDANG (SUARABARU.ID)– Usai lama tanpa medali emas di nomor Taolu pada cabang olahraga Wushu, Kontingen Jawa Tengah patut berbangga pada Alexandra Calista Setiawan. Pasalnya, Calista sukses membuat sejarah dengan meraih emas di PON XXI/2024 Aceh-Sumatera Utara.

Jateng terakhir kali mendapatkan emas nomor itu di PON Palembang 2004, atau sudah 20 tahun lalu. Cabor Wushu nomor Taolu tanpa medali emas sejak PON Riau, Jawa Barat, dan Papua. Di PON Palembang, Jateng meraih dua emas nomor Taolu lewat Seno Prakoso dan Sutantyo.

Di PON kali ini, Calista yang tampil di nomor Taiji Pedang, mengumpulkan nilai akhir 9.626. Nilai yang dimiliki perempuan 23 tahun itu, jadi yang tertinggi dalam pertandingan yang digelar di GOR Disporasu, Deli Serdang, Sumatera Utara, Sabtu (14/9/2024).

BACA JUGA: Tampil Penuh Semangat Juang, Tim Menembak Jateng Koleksi 5 Medali Emas

Calista unggul tipis dari Salwaa Dhana Azalia (DKI Jakarta/9.613), dan Alisya Mellynar (Jawa Timur/9.610). Di nomor ini, Calista memang ditargetkan pelatihnya untuk bisa meraih medali.

”Ini memang menjadi tekad kami di Pengprov WI Jateng, harus ada medali dari nomor Taulo. Dan akhirnya kita penuhi,” kata Liem Ping An, selaku Wakil Ketua Umum Pengprov WI Jateng, yang ditemui usai laga.

Sementara itu, Manajer Tim Wushu Jateng, Mochamad Zaenuri menambahkan, kunci kemenangan Calista adalah, bermain sabar dan fokus.

BACA JUGA: Angkat Macan Kurung, SMKN 3 Jepara Masuk 10 Nominasi Terbaik Penulisan Karya Ilmiah Sejarah Tradisi 2024

”Calista ini merupakan atlet yang tekun dalam menjalani latihan. Kerja kerasnya itu akhirnya berbuah manis, dengan berhasil menyingkirkan para atlet tangguh dari provinsi lain,” tukas dia.

Jateng sendiri masih berpeluang menambah emas dari nomor Sanda, dimana tujuh atletnya lolos ke final. Dari jadwal yang ada, final nomor Sanda digelar Minggu (15/9/2024), mulai pukul 09.00 WIB.

Atlet Sanda Jateng:
1. Yusuf Widiyanto
2. Bintang Reindra
3. Puja Riyaya
4. Bayu Peni
5. Tharisa
6. Gita Ariesta
7. Thania K

Riyan