Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan Sumber Daya Manusia KPU Kabupaten Jepara Muhammadun saat memberikan penjelasan. Foto: Humas KPU

JEPARA (SUARABARU.ID) – KPU Kabupaten Jepara akan segera merekrut  12.201 anggotaKelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk Pilkada 2024. Pendaftaran calon anggota KPPS akan berlangsung pada 17-28 September 2024.

Pernyataan tersebut disampaikan Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan Sumber Daya Manusia KPU Kabupaten Jepara Muhammadun usai rapat koordinasi (rakor) persiapan pembentukan KPPS bersama stakeholder terkait di aula KPU Jepara, Jumat (13/9/2024).

Peserta sosialisasipembentukan KPPS .

Rakor tersebut dihadiri unsur dari Bawaslu, Desk Pilkada, Dinas Kesehatan Kabupaten, Diskopukmnakertrans, Disdikpora, Badan Kesbangpol, Bagian Pemerintahan Setda, Kemenag, LP Ma’arif NU, Majelis Dikdasmen Muhammadiyah, Badan Musyawarah Antargereja, perwakilan umat Hindu, dan umat Budha. Rapat koordinasi itu dibuka Ketua KPU Jepara Ris Andy Kusuma, bersama anggota KPU Muhammadun dan Siti Suryani.

Karena itu menurut Muhammadun, fihaknya membutuhkan partisipasi dan dukungan banyak pihak. Kami berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk memberikan masukan kepada kami sekaligus memberikan dukungan sesuai porsi masing-masing lembaga maupun instansi.

Muhammadun memeparkan jadwal dan tahapan pembentukan KPPS untuk Pilkada 2024. Pendaftaran akan dibuka pada 17-28 September 2024. Calon anggota KPPS mendaftar di sekretariat Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang ada di desa dan kelurahan dengan menyerahkan dokumen persyaratan. “Untuk dokumen persyaratan apa saja, akan diumumkan PPS pada 17-21 September 2024 di masing-masing balai desa dan kelurahan, juga di media sosial PPS,” kata Muhammadun.

Di antara persyaratan calon anggota KPPS adalah fotokopi KTP elektronik, fotokopi ijazah sekolah menengah atas/sederajat atau ijazah terakhir, surat keterangan sehat jasmani dan Rohani yang dikeluarkan rumah sakit, puskesmas atau klinik dengan pemeriksaan kadar gula darah dan kolesterol, daftar riwayat hidup, foto berwarna ukuran 4×6, serta beberapa surat pernyataan.

Lebih lanjut ia mengatakan, PPS akan melakukan penelitian administrasi calon anggota KPPS pada 18-29 September. Setelah itu hasil penelitian administrasi akan diumumkan PPS pada 30-2 Oktober 2024. Masyarajat bisa memberikan tanggapan dan masukan masyarakat terhadap calon pada 30 September-5 Oktober. PPS lantas akan mengumumkan hasil seleksi calon anggota KPPS pada 5-7 Oktober 2024. PPS menetapkan dan melantik anggota KPPS pada 7 November 2024.

“Setelah pelantikan akan dilakukan bimbingan teknis terhadap semua anggota KPPS terkait penyelenggaraan pemungutan dan penghitungan suara di TPS pada hari pemungutan suara, serta materi lain misalnya kode etik KPPS,” kata Muhammadun.

Setelah rakor dengan stakeholder, KPU juga menggelar rapat kerja dengan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di hari yang sama, terkait persiapan-persiapan yang harus dilakukan PPK dan PPS perihal perekrutan KPPS.

Hadepe