Tan Kiong An. Foto: dok/konijateng

MEDAN (SUARABARU.ID)- Sebuah kejutan istimewa diberikan Kontingen Jawa Tengah di PON XXI/2024 Aceh-Sumatera Utara. Salah satu atletnya yang berlaga di cabang olahraga Biliar Nomor Carom-Three Cushion Single Putra, Tan Kiong An, sukses memberikan medali emas untuk Jateng.

Kemenangan ini memang terasa istimewa dan spesial, pasalnya, Tan Kiong An meraih podium tertingginya di cabor itu, dalam usia 74 tahun. Berlaga di partai final yang digelar di Pardede Hall, Medan, Sumut, Kamis (12/9/2024), mengalahkan wakil DKI Jakarta, Rudy Hasan, dengan skor 40-27.

”Tentu ini menjadi sebuah kebanggaan. Saat di Papua lalu saya kalah, namun di sini dapat emas. Medali ini untuk semua keluarga yang selalu mendoakan saya,” ungkap atlet tertua di PON kali ini.

BACA JUGA: Empat Medali Emas Cabor Menembak Lampaui Target KONI Jateng

Dia mengungkapkan, dirinya sudah sering bertemu dengan Rudy Hasan di beberapa kejuaraan, sehingga cukup memahami permainan lawannya itu. Meski menyudahi laga dengan kemenangan, Tan mengaku sempat mengalami kelelahan, dalam laga itu karena faktor usia.

Perolehan emas Tan Kiong An ini, menjadi yang kedua untuk kontingen Jateng pada cabang Biliar. Satu emas sebelumnya diraih pasangan Rico Dela/Rizkha Affandy, pada Nomor 15 Ball Double Putra.

Riyan