Kick off pengawasan tahapan Pilkada Tahun 2024 ditandai dengan pemukulan kentongan. Foto: Sutrisno.

TEGAL (SUARABARU.ID) – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Tegal menggelar Sosialisasi Pengawasan Pemilihan Serentak 2024 berlabel Bawaslu Kota Tegal Bersholawat dengan tema Berkah Sholawat, untuk Pilkada Bermartabat. Sosialisasi dilaksanakan di Lapangan Tegal Selatan, Kota Tegal, Rabu (11/9/2024) malam.

Ketua Bawaslu Kota Tegal Fauzan Hamid mengatakan, tujuan diadakannya Bawaslu Bersholawat untuk mensosialisasikan Pemilihan Serentak yakni Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Pilwakot) Tegal dan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah pada 27 November mendatang.

Bawaslu Bersholawat, kata Fauzan, juga dalam rangka memeriahkan HUT ke-6 Bawaslu Kota Tegal yang ditetapkan pada Tahun 2018.

Fauzan berharap, masyarakat Kota Tegal bersama-sama mensukseskan Pilwalkot maupun Pilgub dengan datang ke TPS-TPS menggunakan hak pilihnya. “Jika menemui pelanggaran terkait pelaksanaan tahapan Pemilihan Serentak, masyarakat bisa segera berkoordinasi dengan Panwascam maupun Panwaskel atau ke Bawaslu,” terang Fauzan.

Pj Wali Kota Tegal Dadang Somantri yang ikut hadir mengajak masyarakat agar turut serta mensukseskan Pemilihan Serentak dan berpartisipasi aktif dalam pengawasan. Sehingga seluruh demokrasi yang kita laksanakan merupakan demokrasi yang berkualitas, bukan demokrasi yang diciderai oleh politik uang.

“Tolak politik uang, karena dengan menerima uang justru bisa menjadi bibit-bibit korupsi,” ucap Dadang.

Acara diwarnai kick off pengawasan tahapan Pilkada Tahun 2024 ditandai dengan pemukulan kentongan, sebagai bentuk kewaspadaan Bawaslu dan stakeholder dalam mengawasi tahapan penyelenggaraan pemilihan serentak.

Acara juga dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tegal, Forkopimda, Camat Tegal Selatan, Forkopimcam, Kepala OPD terkait dan Ustaz Dirjo Abdul Hadi sebagai penceramah.

Sutrisno