Anggota Satlantas Polres Wonogiri bersama personel TNI dari Kodim 0728, jejer berbaring untuk dilakukan pengambilan darahnya oleh petugas dari UDD PMI Wonogiri.(Dok.Ist)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Satlantas Polres Wonogiri, menggelar Bakti sosial (Baksos) donor darah massal. Kegiatan yang digelar di Terminal Induk Giri Adipura, Krisak, Selogiri, Wonogiri, ini diikuti para pendonor dari personel Polres Wonogiri, TNI Kodim 0728, Aparat Dinas Perhubungan (Dishub) dan relawan dari unsur masyarakat.

Kasi Humas Polres Wonogiri AKP Anom Prabowo dan Penerangan Kodim (Pendim) 0728 Pelda Indra, menyatakan, dipilihnya tempat di Terminal Tipe A Giri Adipura, karena Baksos donor darah massal ini, digelar dalam rangka menyambut HUT Ke-69 Lalu Lintas Tanggal 22 September dan Hari Perhubungan Nasional Tanggal 17 September 2024.

Donor darah massal ini, dilakukan bekerjasama dengan Tim Mobile dari Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Wonogiri, yang memberikan pelayanan pengambilan darah model jemput bola. Para calon pendonor lebih dulu mendapatkan pemeriksaan kesehatan. Ini dilakukan, untuk menyeleksi siapa yang layak dan tidaknya seseorang untuk menjadi pendonor.

Baksos donor darah massal yang dilakukan secara gabungan dari Satlantas Polres Wonogiri bersama jajaran TNI Kodim 0728 dan aparat Dishub ini, bertujuan untuk menambah penyediaan stok darah di Kantor UDD PMI Wonogiri. Ini sebagai wujud untuk memberikan kepedulian kepada sesama, utamanya bagi warga masyarakat yang membutuhkan tranfusi darah.

Kasi Humas Polres Wonogiri AKP Anom Prabowo, mengatakan, Hari Lalu Lintas Ke-69 Tahun 2024 bertema “Polantas Presisi Hadir Menuju Indonesia Maju.” ”Dalam Baksos donor darah massal ini, berhasil mengumpulkan sebanyak 135 kantong darah,” jelasnya. Bersamaan itu, juga dilakukan sosialisasi tentang pentingnya mewujudkan Kamseltibcarlantas atau Keamanan Ketertiban Keselamatan Berlalulintas.

Sebelumnya, Kasatlantas Polres Wonogiri AKP Subroto, tampil memimpin Bakti Religi dengan memprakarsai kerja bakti membersihkan tempat ibadah. Yakni Masjid, Vihara dan Gereja. Juga melakukan Baksos memberikan bantuan air bersih kepada warga Wonogiri selatan yang kekeringan, serta melakukan anjangsana membezuk anggota yang sakit.

Dandim 0728 Wonogiri Letkol (Inf) Edi Ristriyono dan Pasi Ops Kapten (Inf) Suraji melalui Pendim Pelda Indra, menyatakan, Kodim Wonogiri mengirimkan personelnya untuk mendukung suksesnya Bakos donor darah massal tersebut. Keterlibatan personel TNI dalam acara donor darah massal itu, menjadi bukti adanya sinergitas yang solid antara TNI bersama Polres Wonogiri dan dinas instansi terkait.(Bambang Pur)