Penjabat (Pj) Wali Kota Salatiga Yasip Khasani, S.IP., M.M., beserta jajaran menerima Rektor UKSW Prof. Intiyas Utami untuk audiensi Dies Natalis ke-68 UKSW. Foto: Humas UKSW

SALATIGA (SUARABARU.ID) – Roti sourdough produk Program Studi Teknologi Pangan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) mendapatkan apresiasi positif oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Salatiga Yasip Khasani, S.IP., M.M.

Di sela audiensi dalam rangka persiapan Dies Natalis ke-68 UKSW, Pj. Wali Kota Salatiga berkesempatan mencicipi roti sourdough bersama Sekretaris Daerah Ir. Wuri Pujiastuti, M.M., serta sejumlah pejabat lainnya di lingkungan Pemerintah Kota Salatiga di ruang kerjanya, Selasa (10/09/2024).

Rektor UKSW Prof. Intiyas Utami mengatakan bahwa roti sourdough merupakan salah satu produk kewirausahaan yang ada di UKSW.

“Kami mempunyai produk roti gandum yang sehat. Jika diperkenankan, kami bisa juga ekspo di Pemkot, sehingga masyarakat luas bisa mengetahui bahwa ada makanan sehat dan jika masyarakat mau belajar membuatnya, kami juga terbuka,” ungkap Rektor Intiyas.

Sambil berbincang seputar berbagai program, Pj. Wali Kota mengungkap jika rasa roti sourdough produk UKSW enak dan bisa dikenalkan ke masyarakat luas, termasuk anak-anak sekolah. Lebih lanjut disampaikannya, bahwa sudah saatnya mulai diberikan sosialisasi kepada masyarakat bahwa ada alternatif makanan yang mempunyai nilai gizi dan kalori yang bisa menggantikan nasi.

“Ini bisa kita mulai dengan memberikan snack gratis terlebih dahulu untuk percobaan,” imbuh Pj. Wali Kota Salatiga.

Tak hanya roti sourdough, produk UKSW lainnya yaitu buku 3D tentang pendidikan seksualitas bagi anak usia dini dari Program Studi Desain Komunikasi Visual Fakultas Teknologi Informasi (FTI) juga diapresiasi positif Pj. Wali Kota. Disampaikannya, produk ini termasuk produk untuk pembentukan karakter dan ke depan bisa di diskusikan dengan Dinas Pendidikan mengingat pentingnya sex education bagi anak usia dini.

“Materi ini sangat kita perlukan karena berpengaruh terhadap culture. Salatiga termasuk dalam culture kota desa, bagaimana kita membuat ini menjadi muatan lokal yang bisa diterima di kota dan desa. Maka saya selalu minta bagaimana kami dibantu agar akulturasi dimasifkan lagi, jadi budaya kita bisa masuk di kawasan perdesaan sehingga tidak ada ketertinggalan budaya dan sosial,” katanya.

Selain itu, Pj. Wali Kota juga mengundang lebih lagi keterlibatan UKSW untuk mengatasi permasalahan kemiskinan dan stunting.