Paduan suara Lentera Kasih UKSW raih juara 2 pada ajang PEKSIMINAS XVII 2024, baru-baru ini, Foto: Humas UKSW

SALATIGA (SUARABARU.ID) – Vocal group Mahasiswa Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW), Lentera Kasih kembali bersinar di panggung nasional dengan suara merdunya yang memikat.

Kali ini, mereka berhasil mengharumkan nama kampus Indonesia Mini dengan meraih prestasi gemilang pada ajang Pekan Seni Mahasiswa Nasional (PEKSIMINAS) XVII 2024 yang baru saja digelar di Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

Dalam ajang bergengsi tersebut, vocal group Lentera Kasih berhasil menyabet gelar juara 2 tingkat nasional pada kategori vocal group di PEKSIMINAS XVII 2024.

Kemenangan ini mempertegas Lentera Kasih terus berkomitmen mewarnai perjalanan mereka dengan raupan prestasi membanggakan.

Pada ajang yang diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI), Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (BELMAWA) Pusat Prestasi Nasional (PUSPRESNAS) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) ini, Lentera Kasih berhasil menyuguhkan penampilan memukaunya dengan menunjukan kemampuan vokal dalam alunan harmoni yang indah dan memikat.

Suara merdu terdengar mengalun indah saat mereka membawakan lagu “Kicir-kicir” yang diaransemen oleh Bagus Gangsar Wibisono dan lagu “Pemuda” yang di aransemen oleh Kefas Satriya Permana. Balutan busana ala Jawa Barat, beskap berwarna emas serta kebaya krem menyempurnakan penampilan mereka.

Membawa nama Jateng

“Senang sekali mendapatkan prestasi ini.  Juara yang kami raih merupakan bonus, karena tujuan kami bernyanyi adalah untuk menghibur,” ungkap ketua vocal group Lentera Kasih Monegundis Valentio Julian D.S saat diwawancarai secara daring, Rabu (11/09/2024).

Menurutnya, keberhasilan ini merupakan buah dari kerja keras saat latihan. “Latihan dilakukan seminggu tiga kali dengan durasi dua jam. Latihannya berupa menyanyi dan menghafal koreografinya,” bebernya.

Mahasiswa asal Salatiga ini juga membeberkan bahwa keberhasilan di kancah seni tingkat nasional bukanlah yang pertama bagi Lentera Kasih. Sebelumnya, Lentera Kasih berhasil meraih juara harapan 1 pada PEKSIMINAS 2022.

Sementera itu, manajer Lentera Kasih Juanita Theresia Adimurti, S.Sn., M.Pd., mengucapkan rasa syukurnya atas prestasi yang diraih oleh vocal group UKSW ini. “Hasil meraih juara 2 tingkat nasional adalah anugerah baik dari Tuhan. Mereka dapat membawa nama Jawa Tengah serta secara keseluruhan meraih juara umum dalam even ini,” ungkapnya.