Penumpang kereta api di Stasiun Tawang Bank Jateng, Semarang. Foto : Dok. KAI
SEMARANG (SUARABARU.ID) – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi 4 Semarang menyiapkan sebanyak 63.191 tempat duduk kereta api selama empat hari periode libur Maulid Nabi Muhammad SAW pada Jumat 13 September hingga Senin 16 September 2024.

Manager Humas KAI Daop 4 Semarang, Franoto Wibowo, menerangkan bahwa dalam periode tersebut terdapat sebanyak 124 keberangkatan kereta api penumpang atau rata-rata 31 KA setiap harinya yang diberangkatkan dari wilayah Daop 4 Semarang.

Selain itu, Franoto menjelaskan, terdapat juga sebanyak 208 perjalanan kereta api atau rata-rata 52 KA per hari yang melintas di wilayah Daop 4 Semarang.

Sedangkan untuk okupansi keterisian tempat duduk berdasarkan data pada hari ini, Kamis 12 September 2024, sudah terjual sebanyak 36.593 tempat duduk atau sebanyak 58 persen dari tempat duduk yang disediakan.

“KAI berharap masyarakat dapat segera merencanakan perjalanannya pada masa Libur Maulid Nabi Muhammad SAW ini, karena tiket kereta api pada periode tersebut masih banyak tersedia,” kata Franoto.

Bagi masyarakat yang belum mendapatkan tiket KA untuk periode libur tersebut, dapat segera melakukan pemesanan melalui aplikasi Access by KAI, website kai.id, dan berbagai mitra penjualan resmi lainnya yang bekerja sama dengan KAI.

KAI mencatat untuk keberangkatan penumpang tertinggi di wilayah Daop 4 Semarang selama periode tersebut akan terjadi pada Jumat 13 September 2024 dan Senin 16 September 2024 dengan prediksi jumlah penumpang naik sebanyak lebih dari 18 ribu penumpang per harinya.

Sedangkan untuk kedatangan penumpang tertinggi di wilayah Daop 4 Semarang akan terjadi pada Jumat 13 September 2024 dan Sabtu 14 September 2024 dengan jumlah penumpang yang datang atau tiba sebanyak lebih dari 17 ribu penumpang per harinya.

“Dalam menyediakan transportasi kereta api khususnya di masa long weekend, KAI memastikan akan melayani masyarakat dengan aman dan bebas dari kemacetan di jalan raya. Sehingga momen liburan bersama keluarga atau relasi dapat dinikmati pelanggan dengan nyaman dan menyenangkan,” tutup Franoto.
Hery Priyono