Fadhizilatul Al Azmi. Foto: dok/konijateng

BANDA ACEH (SUARABARU.ID)– Fadhizilatul Al Azmi, atlet Petanque putri Jawa Tengah, sukses mempersembahkan medali emas nomor Shooting Women, pada ajang PON XXI/2024 Aceh-Sumatera Utara. Fadhizilatul Al Azmi di final menumbangkan atlet Jambi, Anni Saputri dengan skor 49-34, di arena Sport Center Universitas Syiah Kuala, Aceh Besar, Rabu (11/9/2024).

Catatan poin yang dibukukan Azmi ini, sekaligus memecahkan rekor Nasional atas namanya sendiri, dalam Kejurnas di Banten pada 2022, dengan skor 47. Medali perunggu di nomor ini dipegang Theresia Yuni (Kalbar) dan Finalia Sinulingga (Sumut).

Selain meraih emas, Jateng juga meraih satu perunggu atas nama Soimah, di nomor Single Woman. Emas nomor ini jatuh ke tangan atlet Riau, Siti Nurfatiha, dan perak Angeli dari Kalbar. Perunggu satunya milik Rani Amelia (Aceh).

BACA JUGA: PDI Perjuangan Wonosobo Siap Menangkan Andika-Hendi di Pilgub Jateng

Soimah. Foto: dok/konijateng

Manajer Tim Petanque Jateng, Syahru Romadhoni mengakui, sejak semula pihaknya memrediksi Azmi bakal menjadi yang terbaik di PON. Pasalnya, juara Porprov 2023 itu konsisten performanya selama masa Pelatda, dan dalam serangkaian uji coba.

”Kunci keberhasilan Azmi adalah, rasa percaya diri yang ditunjang stamina yang prima. Pasalnya di nomor ini, setiap atlet harus membidik sasaran dalam lima layout, dengan jarak 6, 7, 8 dan 9 meter. Karena ini cabang akurasi, maka ketahanan fisik, mental, konsentrasi menjadi faktor penunjang,” ujar Sekum Federasi Olahraga Petanque Indonesia (FOPI) Jateng ini.

Jateng sendiri, imbuh dia, akan tampil lagi pada Jumat (13/9/2024), di nomor Shooting Men atas nama Feiv Hidayat, dan Double Women yang menurunkan peraih emas Babak Kualifikasi PON, Azmi dan Eva Maulida. ”Kami berharap, Jateng bisa menambah dua medali emas pada Jumat nanti,” harapnya.

Riyan