Bupati Arf Sugiyanto dan Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih bersama para ulama di Ponpes Al Hasani Jatmulyo, Alian, Selasa (3/9) malam. (Foto:SB/Tohri)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Ratusan ulama muda tergabung dalam Gawagiez Kabumian 34 menyatakan dukungan kepada pasangan petahana, Arif Sugiyanto dan Ristawati Purwaningsih.

Mereka juga menyatakan siap memenangkan pasangan Arif Sugiyanto dan Ristawati Purwaningsih pada Pilkada 2024.

Deklarasi dukungan tersebut berlangsung di halaman Pondok Pesantren (Ponpes) Al Hasani, Jatimalang, Desa Jatimulyo, Kecamatan Alian, Kebumen, Selasa (3/9) malam.

Deklarasi sekaligus menjadi ajang sosialisasi pengamanan Pilkada untuk calon gubernur-wakil gubernur Jateng dan calon bupati-wakil bupati Pilkada 2024.

Hadir secara langsung Bupati Arif Sugiyanto dan Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih, Ketua Gawagiez Kabumian 34 Gus Asyhary Muhammad Al Hasani, Gus Fachrudin Achmad Anawawi, Gus Lukman Hasan Al Hasani, Gus Lutfi, Gus Ulin, dan Gus Fahmi Al Hasani, serta para kiai muda dari berbagai  pelosok Kebumen.

Dalam ikrar deklarasinya, mereka menyatakan,”Kami Gawagiez Kabumian menyatakan dukungan penuh untuk Bapak Arif dan Ibu Rista sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kebumen 2024-2029. seKami bertekad dengan sepenuh hati untuk terus mengawal dan memberikan komitmen penuh demi kemenangan Bapak Arif dan Ibu Rista. Lanjutkan, lanjutkan, lanjutkan!”

Deklarasi ini mengusung tema “Bersama Ulama, Arif-  Rista Resmi Pasti Bisa, Lanjutkan”.

Hal itu mencerminkan harapan besar para ulama untuk melanjutkan kepemimpinan Arif Sugiyanto. Keduanya dinilai telah berhasil membawa perubahan positif bagi Kabupaten Kebumen.

Para ulama muda di Kebumen bersama Bupati Arif Sugiyanto dan Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih.(Foto:SB/Tohri)

Gus Asyhary menyampaikan, dukungan yang diberikan tidak hanya didasari oleh kepercayaan, akan tetapi juga keyakinan bahwa pasangan Arif-Rista mampu membawa Kebumen ke arah yang lebih baik.

Menurutnya, Arif – Rista memiliki visi dan komitmen yang jelas untuk melanjutkan program-program yang sudah berjalan dengan baik dan membawa inovasi baru bagi masyarakat.

“Dukungan yang kuat dari kalangan ulama dan kiai muda diharapkan dapat memberikan dorongan signifikan bagi pasangan Arif- Rista untuk meraih kemenangan di Pilkada Kebumen 2024. Kami, para ulama muda, percaya bahwa dengan kepemimpinan Arif Sugiyanto dan Ristawati Purwaningsih, Kebumen akan semakin maju,“ujar kiai muda yang juga Pengasuh Ponpes Al Hasani.

Gus Asyhary menilai, selama masa kepemimpinan Arif-Rista, perhatian terhadap pendidikan agama di Kebumen semakin meningkat. Ini terbukti melalui program bantuan beasiswa bagi santri dan insentif bagi para pengajar di TPQ, Madin.

‘’Gawagiez Kabumian adalah persatuan para gus di Kebumen, sedangkan makna angka 34 adalah untuk menjadikan Arif Sugiyanto sebagai Bupati Kebumen ke-34,’’imbuhnya.

Gus Asyhary juga mengajak ulama muda Kebumen untuk berperan aktif dalam menjaga stabilitas dan ketertiban selama proses Pilkada berlangsung.

“Kami mengajak seluruh ulama muda untuk bersama-sama mengawal kontestasi Pilkada ini agar berjalan dengan aman, damai, dan kondusif,”imbuhnya.

Sementara itu Arif Sugiyanto mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan oleh Gawagiez Kabumian 34. Ia berkomitmen untuk terus bekerja keras demi mewujudkan visi Kebumen yang lebih sejahtera, mandiri, dan berakhlak.

“Kami sangat berterima kasih atas dukungan dari para ulama muda. Ini menjadi semangat bagi kami untuk terus melanjutkan pembangunan di Kebumen dan menjadikan kabupaten ini lebih maju dan sejahtera,”ujar Arif.

Bupati mengaku dengan deklarasi ini semakin memperkuat daftar dukungan yang telah diterimanya, setelah sebelumnya juga mendapatkan dukungan dari berbagai kalangan masyarakat.

Menurut Arif,  dengan dukungan kuat dari para ulama muda, pihaknya semakin optimistuis dapat memenangkan Pilkada dan melanjutkan kepemimpinan serta pembangunanndi Kabupaten Kebumen.

“Alhamdulillah, para gus di Kebumen memberikan support kepada Arif-Rista dan Insya Allah para ulama ini siap menjadi garda terdepan dalam rangka mewujudkan Kebumen yang berakhlak mulia. Insya Allah dengan hadirnya para gus ini, kami bisa diberikan kemudahan dan kemenangan di Pilkada nanti, serta dihindarkan dari segala hal-hal negatif lainnya. Ini adalah pesta rakyat dan jangan sampai dinodai dengan hal-hal yang tidak baik,”ujar Arif.

Komper Wardopo