Personel Fraksi PKS DPRD Kota Semarang, dari kiri ke kanan, Siti Roikha (Bendahara), Ali Umar Dhani (Sekretaris), Agus Riyanto Slamet (ketua), dan Dini Inayati (anggota) saat perkenalan dengan wartawan, Rabu 4 September 2024. Foto : Hery Priyono

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Semarang Agus Riyanto Slamet resmi ditetapkan sebagai Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (F-PKS) DPRD Kota Semarang periode 2024-2029.

Penetapan tersebut dilakukan dalam rapat paripurna DPRD Kota Semarang yang digelar pada Senin 2 September 2024 di ruang rapat paripurna DPRD Kota Semarang.

Selain Agus Riyanto Slamet sebagai Ketua F-PKS Kota Semarang, juga ditetapkan kader PKS seperti Joko Widodo sebagai Wakil Ketua Fraksi, Ali Umar Dhani sebagai Sekretaris Fraksi dan Siti Roikha sebagai bendahara fraksi. Adapun anggota fraksi PKS adalah Suharsono dan Dini Inayati.

Agus mengatakan ditetapkannya dirinya sebagai ketua fraksi adalah amanah dari kader dan struktur partai untuk terus komitmen dan berpihak kepada kepentingan masyarakat Kota Semarang.

“Ini amanah sebagai kader tentu harus siap mengemban sesuai mandat dan keputusan partai. Yang sudah baik dari kinerja Fraksi 2019-2024 akan kita pertahankan dan tingkatkan, terutama komitmen kami untuk semakin kuat berpihak pada kepentingan masyarakat Kota Semarang,” kata Agus, Rabu 4 September 2024.

Dia mengatakan komitmen Fraksi PKS DPRD Kota Semarang adalah membangun relasi konstituensi/perwakilan yang lebih dirasakan dampak dan manfaatnya oleh masyarakat.

Agus berharap Fraksi PKS menjadi kekuatan penyeimbang pemerintah kota semarang dalam relasi check and balances yang kritis dan konstruktif.

Selain itu, Agus berharap usai ditetapkannya fraksi, DPRD segera menetapkan pimpinan dewan dan alat kelengkapan dewan lainnya.

“Dengan ditetapkan ketua fraksi, berikutnya segera ditetapkan pimpinan dan anggota alat-alat kelengkapan agar kerja-kerja pembahasan perda segera bisa dimulai,”katanya.

Agus berharap fraksi yang sudah terbentuk tersebut mampu mendorong peningkatan kinerja anggota DPRD Kota Semarang.

“Besar harapannya fraksi yang terbentuk mampu mendorong peningkatan kinerja anggota DPRD kedepannya. Juga berperan menjaga soliditas anggota dan mengawal peran DPRD lebih maksimal melayani,” pungkasnya.

Hery Priyono