Kakanwil Kemenkumham Jateng, Tejo Harwanto lantik 98 pejabat baru (27/8/2024). Foto: Humas

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Promosi dan rotasi jabatan terjadi di lingkungan Kemenkumham Jawa Tengah. Tercatat, sebanyak 98 pejabat manajerial dan non manajerial menduduki jabatan baru.

Kepala Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah, Tejo Harwanto melantik dan mengambil sumpah para pejabat baru di lapangan Kanwil, Selasa (27/8/2024).

Dari jumlah pejabat yang dilantik, 22 orang diantaranya dipercaya menjadi Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT). Diketahui, 18 orang menduduki jabatan Eselon III, 55 orang Eselon IV dan 21 orang Eselon V. Sisanya, 4 orang dilantik sebagai Pejabat Fungsional Tertentu (JFT) dengan kenaikan jenjang.

Tejo mengatakan, bahwa tour of duty dan tour of area merupakan hal yang lumrah dalam sebuah organisasi. Menurutnya, dinamika dalam bertugas ini harus diterima dengan ikhlas dan penuh tanggungjawab.

Pejabat manajerial (Kepala UPT), kata Tejo, harus membawa perubahan yang lebih baik bagi organisasi. “Bahwa dilantiknya anda sebagai pemegang jabatan manajerial, menjadi penanda sebuah pengembangan karier baru, yang memungkinkan terciptanya terobosan dalam jabatan,” kata Tejo.

“Dengan kata lain, tidak hanya melaksanakan tugas dan fungsi secara optimal, namun saya harap mampu mengembangkan best practice yang dapat membawa perbaikan bagi berjalannya organisasi. Untuk itu, adanya pengangkatan dalam jabatan ini, saya harap dapat menjadi kontribusi berharga bagi kemajuan tata kelola Kementerian Hukum dan HAM,” imbuhnya.

Kakanwil menekankan kepada seluruh pejabat baru untuk segera menyesuaikan diri dan tidak terlalu lama belajar. “Mengingat dewasa ini kita dituntut untuk bekerja secara cepat dan cermat. Bangun sinergitas dan kolaborasi, Jadilah pegawai yang agile, adaptif dan akomodatif. Ciptakan lingkungan kerja yang nyaman dan menggembirakan, sehingga baik diri sendiri maupun rekan kerja di sekitar dapat bekerja dengan bersemangat tanpa rasa tertekan,” ungkapnya.

Pada saat yang sama, dilaksanakan Serah Terima Jabatan (Sertijab) Kepala UPT yang lama kepada Kepala UPT yang baru, sekaligus Sertijab Ketua Dharma Wanita Persatuan Pengayoman masing-masing UPT.

Hadir menyaksikan kegiatan, Kepala Divisi Administrasi Anton Edward Wardhana, Kepala Divisi Pemasyarakatan Kadiyono, Kepala Divisi Keimigrasian Is Edy Ekoputranto, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Anggiat Ferdinan, serta Pejabat Administrasi Kanwil.

Ning S