Anjing pelacak (K-Nine) diterjunkan untuk pemgamanan Kantor KPU Grobogan. Foto: Polres Grobogan

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Polres Grobogan menerjunkan anjing pelacak untuk melakukan sterilisasi di kantor KPU dan Bawaslu Grobogan, Selasa (27/8/2024).

Polres Grobogan mengambil Langkah ini yang merupakan bagian dari strategi untuk memastikan keamanan dan integritas pemilihan yang akan berlangsung serentak di seluruh Indonesia termasuk di Kabupaten Grobogan pada hari Rabu (27/11/2024).

Selain melaksanakan sterilisasi, keamanan gedung dan lokasi di sekitar kantor tersebut juga mulai diperketat dengan melakukan pengamanan penuh selama 1×24 jam.

‘’Sterilisasi dan pengamanan ini kami lakukan untuk memastikan kantor KPU dan Bawaslu Grobogan yang akan digunakan untuk melaksanakan tahapan Pilkada 2024 tersebut aman dan steril,’’ kata Kapolres Grobogan AKBP Dedy Anung Kurniawan.

Dalam kegiatan tersebut, tampak anjing milik Unit K9 Sat Samapta Polres Grobogan melakukan penyisiran dimulai dari lokasi parkir, kemudian lorong hingga ke ruang yang diperuntukkan untuk pegawai, petugas pengamanan hingga ruang rapat.

Setiap ruangan dan sudut, lanjut Kapolres Grobogan, dilakukan penyisiran untuk memastikan tidak ada ancaman ataupun bahaya selama pelaksanaan tahapan Pilkada 2024.

Anjing pelacak juga digunakan untuik memeriksa bagian dalam Kantor KPU Grobogan. Foto: Polres Grobogan

“Semuanya harus steril dan aman. Sehingga kami mengerahkan anggota berikut unit satwa untuk melakukan penyisiran sebagai upaya meminimalkan terjadinya segala ancaman atau hal-hal yang tak diinginkan,” ujar AKBP Dedy Anung Kurniawan.

Anjing pelacak milik Sat Samapta Polres Grobogan yang dikerahkan tersebut, telah dilatih khusus untuk mengenali berbagai jenis bahan berbahaya dan mendeteksi tanda-tanda potensi ancaman.

AKBP Dedy Anung Kurniawan menambahkan, Polres Grobogan juga akan melakukan patroli rutin di area-area strategis menjelang pelaksanaan Pilkada 2024.

Langkah ini diharapkan dapat menambah kepercayaan masyarakat terhadap proses pemilihan dan memastikan bahwa Pilkada 2024 berjalan dengan lancar, adil, dan transparan.

“Polres Grobogan berkomitmen untuk memastikan bahwa setiap pelaksanaan tahapan Pilkada 2024 aman dari segala potensi gangguan,” kata AKBP Dedy Anung Kurniawan.

Kapolres Grobogan mengimbau seluruh pihak terkait dan masyarakat untuk selalu bersama-sama menjaga situasi keamanan dan ketertiban selama pelaksanaan tahapan Pilkada 2024.

“Kami mengajak seluruh masyarakat untuk turut serta aktif dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah Grobogan sehingga pelaksanaan Pilkada 2024 nanti dapat berjalan dengan aman dan kondusif,” tandas Kapolres Grobogan.

Tya Wiedya