KH Wahib Mahfudz didampingi KH M Dawamudin Masdar pada Deklarasi Pasangan Arif Sugiyanto- Ristawati Purwaningsih di Posko Koalisi Jalan Pahlawan, Kebumen, Minggu 25/8 malam.(Foto:SB/Yus)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Pengasuh Pondok Pesantren Al Huda Jetis, Kutosari, Kebumen yang juga tokoh PKB, KH Wahib Mahfudz, memimpin doa deklarasi pasangan Arif Sugiyanto-Ristawati Purwaningsih, di Posko Koalisi Jalan Pahlawan, Minggu (25/8) malam.

Pada deklarasi tersebut KH Wahib Mahfudz yang akrab disapa Gus Wahib secara tegas juga mendukung Arif Sugiyanto. Menurut Gus Wahib, dalam pesta demokrasi Pilkada 2024 ada dua pilihan, Lilis dan Arif, semua bagus dan baik. Namun ada yang lebih baik yaitu Arif Sugiyanto.

”Semua baik, semua bagus, kalau menurut saya pribadi Pak Arif lebih baik,”tandas ulama kharismatis sembari melanjutkan memimpin bacaan Al Fatihah.

Hadirin pun menyambut gemuruh pada deklarasi yang juga dihadiri sejumlah tokoh ulama. Di antaranya mantan Ketua Tanfidziyah PCNU Kebumen KH M Dawamudin Masdar, KH Achmad Buchori Ayah, KH Ahmad Sonhaji Kutowinangun, KH Abdussomad Karanganyar dan KH Fatchu Ardani Tamanwinangun.

Pada deklarasi tersebut Gus Wahib pun menegaskan, meski dirinya aktivis PKB, dalam Pilkada Kebumen akan tetap mendukung dan memilih Arif Sugiyanto yang berpasangan dengan Ristawati Purwaningsih.

Bupati Kebumen Arif Sugiyanto dan Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih bersama para ketua partai koalisi pada deklarasi, Minggu 25/8 malam,(Foto:SB/Yus)

Gus Wahib juga menyampaikan terima kasih kepada  semua partai politik yang telah mengusung Arif-Rista. Kepada masyarakata Kebumen, ia berharap agar menggunakan hak pilih dengan baik dalam pesta demokrasi pilkada 2024.

Deklarasi dihadiri pasangan bakal calon bupati dan bakal calon wakil bupati, Arif Sugiyanto-Ristawati Purwaningsih, selaku petahana, serta lima pimpinan partai pengusung.

Mereka Ketua DPC PDIP Kebumen Saiful Hadi, Ketua DPC PPP Kebumen Wahid Mulyadi, Ketua DPD PAN Kebumen Bagus Setiyawan, Ketua DPD Partai Golkar Kebumen Halimah Nurhayati, dan Ketua DPD PKS Kebumen Pramono.

Adapun kelima pimpinan partai politik pengusung pada malam deklarasi itu membacakan pernyataan dukungan. Deklarasi tersebut sebagai langkah pasti sesuai tahapan Pilkada pada 27-29 Agustus ini KPU Kebumen telah membuka pendaftaran bakal calon bupati dan bakal calon wakil bupati.

Sementara itu tokoh ulama yang juga mantan Ketua Tanfidziyah PCNU Kebumen KH M Dawamudin Masdar menilai apa yang disampaikan oleh Gus Wahib sudah tepat dan benar. Masyarakat Kebumen telah merasakan kiprah Bupati Arif Sugiyanto selama membangun daerahnya terbukti nyata membawa kemajuan serta perubahan di berbagai sektor.

Menurut Kiai Dawam, KH Wahib yang pernah menjadi Rois Syuriah PCNU Kebumen selama 4 periode itu mendukung Arif -Rista karena komitmen dan keberpihakan kepada komunitas santri dan pondok pesantren. Seperti pemberian beasiswa santri, insentif bagi guru mengaji dan ustaz TPQ dan Madin dan masih banyak perhatian lainnya kepada umat.

“Menurut saya, pak Arif ini sudah jelas dan terang ke-NU-annya serta tidak samar-samar. Pernah menjadi bendahara PCNU Kebumen dan sekarang diangkat menjadi Wakil Ketua LBH NU PWNU Jateng,”tandas mantan ketua FKUB Kebumen itu.

Komper Wardopo