Kenzie Maximilian Julius. Foto: UKSW

SALATIGA (SUARABARU.ID) – Di usianya yang masih belia, Kenzie Maximilian Julius telah mencatatkan berbagai prestasi gemilang di dunia olahraga renang. Siswa Sekolah Dasar (SD) Kristen Satya Wacana ini berhasil meraih 10 gelar juara dalam dua kejuaran renang tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Pada Kejuaraan Renang Antar Perkumpulan Provinsi (Krappov) Bupati Brebes 2024, Kenzie meraih juara 1 untuk kategori Renang Gaya Bebas 50 meter, 100 meter, 200 meter, dan 400 meter. Gelar juara 1 juga ia raih di kategori Renang Gaya Punggung 50 meter, 100 meter, dan 200 meter.

Adapun perolehan Juara 3 di Renang Gaya Ganti 200 meter dan Renang Gaya Kupu-Kupu 200 meter menambah deretan panjang prestasi yang berhasil diraihnya. Sedangkan melalui Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) 2024, predikat Juara 3 ia raih di kategori Renang Gaya Punggung 50 meter.

Kenzie mengaku senang dan bersyukur dengan penghargaan yang diraihnya. Pencapaian tersebut, ia sampaikan sebagai hasil dari latihan intensif yang dijalani setiap hari bersama pelatihnya, serta dukungan penuh dari keluarga dan sekolah.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Sekolah SD Kristen Satya Wacana Amrih Gunarto, S.Sn., M.Pd., menyampaikan apresiasi dan rasa bangganya. “Kami sangat bangga memiliki siswa-siswi berprestasi. Prestasi ini tidak hanya menjadi kebanggaan bagi seorang, tetapi juga menjadi motivasi untuk teman-teman yang lain sehingga bisa ikut berprestasi,” ungkapnya, belum lama ini.

Amrih menambahkan bahwa SD Kristen Satya Wacana sendiri berupaya untuk mendorong dan memetakan potensi-potensi siswa baik di bidang akademik dan non-akademik. “Kami selalu mencari dan menginfokan berbagai kegiatan yang memungkinkan siswa untuk belajar dan berprestasi sesuai potensinya. Jika ada momen tertentu yang kami bidik sesuai dengan potensi siswa bersangkutan, maka pendampingan intensif juga kami berikan,” jelasnya.

Hal ini menjadi salah satu komitmen Sekolah Laboratorium Satya Wacana dalam mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs) ke-4 pendidikan berkualitas.

Segudang prestasi

Tak hanya Kenzie, SD Kristen Satya Wacana juga memiliki deretan siswa berprestasi lainnya. Diantaranya, Sarwendah yang berhasil meraih Medali Emas dalam Jurus Wushu Quan Junior D Putri serta Medali Perunggu dalam Jurus Gunshu Junior D Putri pada ajang Garuda Emas Open Wushu Championship 2024.

Sementara itu, Timothy berhasil meraih juara 3 dalam Lomba Olimpiade Bahasa Inggris Ramayana Salatiga, Nuansa Kasih K. mendapatkan Juara Harapan 1 dalam Lomba Online Fotogenic SD Kelas 4-6 di Ramayana Salatiga, dan peraihan Juara 2 Lomba Menyanyi Kategori Kelas 4-6 SD di Ramayana oleh Leona.

Prestasi lainnya adalah Carlin Talisha Widyanesta yang meraih Juara Harapan 3 dalam Lomba Menggambar di Kidsperience Dusun Semilir 2024 dan Carla Talisha Budianesta yang meraih Juara Harapan 2 dalam Lomba Menyanyi di ajang yang sama. Imanuella Ilona Putri Dewantoro tidak kalah menyumbangkan prestasi dengan meraih Juara 1 dalam Matematika, IPA, dan Bahasa Inggris di Kiddy Club KFC 2024 Kota Salatiga serta Kids Fest 2024 Salatiga.

Masih dalam pencapaian di ajang Kids Fest 2024 Salatiga, perolehan penghargaan oleh Joaquin Samuel Mananta Sihombing untuk Juara 1 Bahasa Inggris dan Juara 2 Matematika, Jovita Natiur Leona Sihombing di posisi Juara 2 untuk Matematika dan Bahasa Inggris, serta Avisa Blessia Berwin Kurniawan dengan perolehan Juara 3 Bahasa Inggris. Sedangkan melalui Indonesia Indepedence Day Fest 2024 Mall Ramayana, prestasi Juara 1 Bahasa Inggris Kelas 2 dan Juara 2 IPA Kelas 2 diraih Ilona, sedangkan Juara 1 Bahasa Inggris Kelas 5 dan Juara 4 Fotogenic diperoleh Sierra Aquilina Thea.

Ning S