Petinggi Bakalan Moh. Sahal saat memberangkatkan peserta lomba gerak jalan. Foto: Catur

JEPARA (SUARABARU.ID) – Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Desa Bakalan, Kecamatan Kalinyamatan, Jepara menggelar Lomba Semarak HUT Kemerdekaan RI Ke-79  tahun 2024 tingkat RT/RW. Perlombaan yang diadakan Minggu pagi (25/8/2024) adalah Gerak Jalan dan Yel-yel.

Sebelum perlombaan di mulai, diadakan upacara pembukaan dengan diawali menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars PKK, sambutan Petinggi Desa Bakalan, Moh. Sahal, sambutan  Ketua Panitia, Doa dan dilanjutkan dengan pemotongan pita serta pemberangkatan peserta lomba.

Peserta gerak jalan di Desa Bakalan

Dalam sambutannya,  Moh. Sahal sebagai Petinggi Desa Bakalan, mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga desa Bakalan yang mendukung kegiatan ini. Dan memberikan apresiasi kepada ibu-ibu PKK desa Bakalan yang antusias dan semangat dalam mengikuti lomba semarak HUT Kemerdekaan RI, walaupun baru diadakan pertama kali dan waktu persiapan juga pendek.

Untuk kedepannya lomba tersebut akan diagendakan tiap tahun di Hari Minggu bulan Agustus di Minggu terakhir, yang pastinya dengan hadiah dan doorprize yang lebih banyak lagi.

Petinggi Bakalan bersama panitia dan juri lomba. Foto: Catur

Ketua panitia Hj. Sri Lestari Bawono, yang juga sebagai ketua Tim PKK Kecamatan Kalinyamatan  dalam sambutannya mengungkapkan, perlombaan ini selain bertujuan untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI, juga untuk memperkenalkan TP-PKK Tingkat RT/RW, dan mempererat serta mempersatukan rasa persaudaraan serta kekeluargaan dan kebersamaan seluruh warga di bawah naungan TP-PKK Desa Bakalan.

Petinggi Bakalan saat serahkan hadiah kepada para pemenang. Foto: Catur

Lomba dengan peserta 11 Regu dari 11 RT dimulai pukul 07.30 WIB yaitu Gerak Jalan dengan titik start di Lapangan TMMD dan finish di Balai Desa Bakalan, dilanjutkan dengan Yel-Yel tiap regu secara bergantian. Kriteria penialaian adalah kekompakan, keserasian, keindahan, kreasi  dan kreatifitas peserta.

Penonton yang juga sebagai suporter memberikan semangat kepada kelompoknya masing-masing. Pokoknya luar biasa seru. Karena kalimat Yel-yel ada yang dibuat lagu dengan musik sehingga sangat kreatif tiap regunya yang membuat juri dan penonton tertawa bahagia dibuatnya.

Salah satu tim peserta lomba di Desa Bakalan. Foto: Catur

Akhirnya tibalah pengumuman pemenang sang Juara oleh Tim Juri dari Dinas Pendidikan, Kecamatan, dan Satuan Polisi Pamong Praja dalam Lomba Gerak Jalan dan Yel-yel, dengan juara I dengan Nomor Regu 6, Juara II Nomor Regu 8, dan Juara III Nomor Regu 4. Selamat untuk sang Juara, semoga tahun depan perlombaannya lebih semarak lagi.

Hadepe -Catur Ratnawati