Pelepasan karnaval budaya dilakukan oleh Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga, Ali Hidayat di lapangan Kembang didampingi Kapolsek Kembang, Koordinator Satkordik dan Ketua PGRI Jepara. Foto: Nks

JEPARA (SUARABARU.ID) – Untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-79 Satuan Koordinasi Pendidikan (Satkordik) Kecamatan  Kembang bekerjasama dengan Polsek Kembang  menyelenggarakan karnaval budaya, Minggu (25/8-2024) pagi. Karnaval ini diikuti 66 lembaga PAUD dan TK yang ada di wilayah Kecamatan Kembang dan memperebutkan piala  Kapolsek Kembang.

Pelepasan karnaval budaya dilakukan oleh Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga, Ali Hidayat di lapangan Kembang. Hadir juga  Ketua PGRI Jepara Darono, Kapolsek Kembang Iptu Heru Setyawan dan jajarannya, Camat, Danramil sB Koordinator Satkordik Kecamatan Kembang Nasuka,   beserta jajarannya.

Koordinator Satkordik Kembang, Nasuka saat menyampaikan laporan.

Setiap lembaga menyertakan pesertanya dengan membawa 2 sampai 3 mobil sehingga diperkirakan sebanyak 126 kendaraan mobil yang dihias untuk menyemarakkan kegiatan ini. Karnaval ini bekerjasama antara Satkordik Kecamatan Kembang dengan Polsek Kembang Kabupaten Jepara.

Kegiatan karnaval  ini  mengambil tema kebhinekaan budaya yang ada di Indonesia. “Dengan diselenggarakannya karnaval budaya ini bertujuan untuk mengenalkan ragam budaya yang ada di Indonesia,” ujar Koordinator Satkordik Kecamatan Kembang, Nasuka

“Disamping itu juga sebagai wujud untuk menghargai perjuangan para pahlawan nasional yang telah gugur demi meraih kemerdekaan dari cengkeraman para penjajah kepada anak-anak PAUD maupun TK,” tambah Nasuka

Ia menjelaskan, panitia sebelumnya menyampaikan ke lembaga untuk menampilkan kreatifitas, inovasi dalam bentuk beraneka kostum/dandanan peserta yang diangkut oleh kendaraan yang dihias.

Para peserta yang mengikuti kegiatan ini dinilai oleh dewan juri disepanjang perjalanan dengan kriteria lomba yaitu; kretifitas, keserasian dan kekompakan. Adapun para pemenang lomba disediakan Tropi piala oleh Kapolsek Kembang untuk juara I,II,III dan juga juara Harapan I, II dan III. Kegiatan karnaval ini dimeriahkan dengan panggung gembira guru-guru TK dan PAUD.

Di tempat finish  dihibur oleh tampilan musik panggung gembira oleh guru-guru TK/PAUD dan langsung pengumuman para juaranya.

Kegiatan karnaval ini bisa terselenggara berkat kerja panitia yang cekatan yang diketuai Sukamto, S.Pd., M.Pd bersama guru-guru SD dan guru TK sebanyak 22 orang yang kompak mengenakan seragam kaos merah dan topi merah.

Hadepe – Nsk