Bakal Cagub Jateng Komjen Pol.Ahmad Luthfi bagikan hadiah door prize senam di Lapangan Desa Doyong, Kecamatan Miri, Sragen, Minggu (25/08/2024). Foto: Anind

SRAGEN (SUARABARU.ID) – Dukungan masyarakat Sragen untuk Ahmad Lutfhi maju sebagai calon Gubernur Jateng, makin menguat.

Massa  yang jumlahnya ribuan orang menyambut Ahmad Lutfhi saat menghadiri Gebyar Korps Relawan Ahmad Luthfi (KOPRAL) di Lapangan Desa Doyong, Kecamatan Miri, Sragen, Minggu (25/08/2024).

Kegiatan diprakarsai Agung Purnomo ST, selaku Ketua Umum KOPRAL. Kegiatan itu diikuti puluhan Stan UMKM, Senam Relawan Kopral Se-Jateng, sajian musik Band Fool To Cry dari Salatiga dan STASO, anak Didi Kempot.

Ada juga pembagian sayuran gratis, pentas Barongsai maupun Reog Ponorogo.
Ahmad Luthfi yang hadir di tengah pendukungnya mengungkapkan programnya nanti ingin mengembangkan UMKM, terutama Usaha Mikro di Jateng berbasis desa untuk perkuatan perekonomian rakyat.

“Usaha ekonomi masyarakat melalui UMKM, terbukti tidak pernah mengenal inflasi,” tutur Ahmad Luthfi disela bertemu kalangan usaha UMKM di Lapangan Desa Doyong, Miri, Sragen. Di Jawa Tengah, lanjut Luthfi dari jumlah penduduk yang mencapai 37 juta, sekitar 25,9 juta (69%,) masyarakat berusia produktif.

Banyak usaha UMKM terbanyak ada di desa-desa yang perlu dikembangkan. Ahmad Luthfi akan mengandalkan UMKM berbasis desa sebagai perkuatan ekonomi untuk membangun.

Meskipun tidak dipungkiri perlu adanya eksplorasi, tidak hanya APBD wilayah, tetapi juga investasi-investasi yang datangnya dari luar dan dalam, maupun investasi yang datangnya dari masyarakat atau pengusaha lokal.

“Tetapi prinsipnya UMKM sebagai urat nadi perekonomian masyarakat yang tidak mengenal inflasi,” terangnya.

Ketua Umum KOPRAL Agung Purnomo menyampaikan harapannya Ahmad Luthfi terpilih sebagai Gubernur Jateng dalam Pilgub 27 November 2024 nanti, sehingga mampu menghidupkan dan mengembangkan UMKM serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Saya yakin Pak Luthfi yang mantan Kapolda Jateng mampu mewujudkan itu, karena sudah dikenal kemampuan teritorialnya serta kepemimpinannya sudah teruji dan bisa diandalkan untuk memimpin Jawa Tengah,” pungkas Agung Purnomo ST yang terkesan dengan Bacagub Jateng itu.

Anind