Aipda Andi Prasetyo Hartanto Putro, yang berhasil meraih juara I Lomba Monolog Penyuluhan Hukum tingkat Mabes Polri 2024 ini ternyata anggota Polres Grobogan. Foto: dok Polres Grobogan.

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Aipda Andi Prasetyo Hartanto Putro, personel Polres Grobogan meraih juara I Lomba Monolog Penyuluhan Hukum tingkat Mabes Polri 2024.

Aipda Prasetyo Hartanto Putro mendapatkan penghargaan dari Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, yang diterima di di The Tribrata Dharmawangsa Jakarta, Jumat 23 Agustus 2024.

Aipda Prasetyo Ia berhasil membawa nama harum Polda Jawa Tengah dan Polres Grobogan di kancah nasional dengan memberikan pemaparan terkait keadilan restorative justice. Aipda Andi Prasetyo, mengaku senang dan bangga atas prestasi yang diraihnya itu. Ia tidak menyangka, bila apa yang diraihnya itu berhasil membawa kemenangan.

“Saya ikut lomba ini karena ingin meningkatkan kompetensi sebagai anggota Polri di tingkat Polda Jateng dan Polres Grobogan di kancah nasional,” tutur Aipda Andi Prasetyo, Sabtu 24 Agustus 2024 saat ditemui.

Dalam monolog itu dia mengambil tema Peraturan Kepolisian Nomor 8 Tahun 2021 tentang penanganan tindak pidana berdasarkan keadilan restorative justice.

“Restorative justice adalah pendekatan penyelesaian perkara pidana dengan menekankan pada pemulihan kembali keadaan bukan pembalasan. Fokus restorative justice ini setidaknya ada tiga. Pertama, memperbaiki kerugian yang disebabkan oleh kejahatan dengan melibatkan korban. Kedua, melihat pertanggungjawaban pelaku. Terakhir, mencegah terjadinya kerugian yang serupa di masa mendatang,” ucapnya.

Personel PS Kasubsi Bankum Sikum Polres Grobogan ini mengatakan, semua perjuangan yang diraihnya tersebut tidak lepas dari dukungan Kabid Hukum Polda Jawa Tengah, AKBP J Setiawan Widjanarko dan Kapolres Grobogan AKBP Dedy Anung Kurniawan.

“Semua ini karena dukungan dari Kabid Hukum Polda Jawa Tengah Bapak AKBP J Setiawan Widjanarko dan juga Bapak Kapolres Grobogan AKBP Dedy Anung Kurniawan, keluarga saya dan juga rekan-rekan saya di Polres Grobogan,” tambah Aipda Andi.

Aipda Andi mengatakan, keberhasilan menjadi juara pertama dalam Lomba Monolog Penyuluhan Hukum ini diharapkan bisa memotivasi rekan-rekan lainnya untuk maju dan berkembang menggapai Indonesia Emas 2045.

“Semoga prestasi yang kami dapatkan lomba ini dapat memberikan motivasi untuk para personel Polres Grobogan untuk meningkatkan kompetensi untuk mendukung Indonesia emas tahun 2045,” papar Aipda Andi.

Andi sendiri bertekad mempertahankan prestasinya tersebut. Apalagi jika ia diberikan kesempatan pendidikan lagi di tingkat yang lebih tinggi.

“Ada keinginan untuk bisa pendidikan lagi, tetapi ya kita lihat ke depan saja. Misalnya ada kesempatan, semoga prestasi yang saya dapatkan tadi, saya berharap ini bisa terus saya pertahankan,” ujar Aipda Andi.

Apresiasi Sementara itu, Kapolres Grobogan AKBP Dedy Anung Kurniawan mengapresiasi prestasi yang diraih anggotanya yakni Aipda Andi Prasetyo tersebut.

Lelaki asal Pati ini menjelaskan bahwa prestasi yang diraih anggotanya tersebut diawali dengan mengikuti seleksi di tingkat Polda Jateng. Kapolres Grobogan AKBP Dedy Anung Kurniawan berharap, apa yang diraih Aipda Andi Prasetyo ini bisa memotivasi para personel Polres Grobogan lainnya.

Tya Wiedya